Toyota Yaris Tunjukkan Jubah Perang Hadapi WRC 2017

Toyota Yaris Tunjukkan Jubah Perang Hadapi WRC 2017

HELSINKI (DP) – Menyusul diumumkannya Jari-Matti Latvala dan Esepekka Lappi melengkapi barisan pereli Toyota di WRC, Toyota kemudian secara resmi merilis wujud akhir dari mobil mereka yang akan menjadi senjatanya, yakni Yaris WRC.

Berbasis Yaris versi produksi Jepang, mobil yang telah melakoni rangkaian pengujian sejak 2015 itu tampil dengan livery putih berbalut pulasan merah dan hitam. Raksasa teknologi Microsoft pun hadir sebagai sponsor utama.

Pengembangan aerodinamika tampak menjadi yang ditonjolkan Toyota pada Yaris WRC, terlihat dengan aplikasi paket aerodinamika agresif. Selain sayap belakang dan diffuser berukuran sangat besar, penyangga spion samping bahkan dimanfaatkan pula sebagai winglet.

Mesin empat silinder 1.6-liter turbo miliknya mampu meluapkan tenaga hingga 375 hp dan torsi 425 Nm lebih. Penyaluran output mesin ke seluruh roda melalui transmisi sequential 6-percepatan.

“Regulasi baru memberi kami jauh lebih banyak kebebasan dalam hal pengembangan. Walaupun kami belum mengeksplorasi semua kemungkinan, kami bisa bilang mobilnya andal dan kencang,” kata legenda WRC, Tommi Makinen dipercaya sebagai pimpinan tim Toyota Gazoo Racing.

Dalam kiprahnya kembali ke WRC setelah 16 tahun absen, Yaris WRC akan menghadapi kompetisi dari Hyundai i20 Coupe WRC dan All New Ford Fiesta WRC. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR