Mobil “Penjaga Ahok” Siaga di Sidang PN Jakut

Mobil “Penjaga Ahok” Siaga di Sidang PN Jakut

JAKARTA (DP) – Seakan tidak bisa lepas dari situasi keamanan, Barracuda dan Water Cannon juga dihadirkan pada saat sidang  perdana dengan terdakwa Gubernur Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Selasa (13/12) di bilangan jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Kendaraan taktis ini sudah ada di depan Pengadilan Negeri. Komposisinya terdiri dari tiga mobil water canon, dan dua Barracuda.

Fungsi Barracuda sendiri untuk melindungi dan mengamankan aksi anarkis. Kendaraan taktis ini efekktif untuk memecah kerumunan massa, termasuk bila mereka bersenjata. Bahkan mobil buatan Pindad ini anti-peluru.

Seperti diketahui, Barracuda dikembangkan oleh Doosan Infracore Defense Products BG. Perusahaan ini merupakan pemasok utama Kendaraan Tempur Infantri Korea (KIFV).

Selain bodi baja, Barracuda juga dilengkapi jendela anti-peluru. Chassis yang digunakan untuk menopang bodinya yang berat diadopsi dari milik truk Unimog buatan Mercedes-Benz.

Sementara mobil rantis Polri “water canon” didesain dengan fungsi berbeda. Kendaraan yang dibentuk menyerupai panser dan armda damkar ini memiliki sifat bertahan. Sejata penyemprot air yang ditempatkan di atas mobil cukup untuk memukul konsentrasi massa danpa membuat cidera fatal. Bahkan dalam sesekali tempo, mobil ini juga bisa digunakan untuk melontarkan gas airmata.

Kendaraan water canon bisa dibilang sebagai armada cerdas. Kemampuan mengintai kendaraan ini cukup baik karena terpasang kamera di bagian muka dan belakang. [dp/Res]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR