Pebalap Yamaha Ingin Seri YCR Musim Depan Ditambah

Pebalap Yamaha Ingin Seri YCR Musim Depan Ditambah

TASIKAMALAYA (DP) – Yamaha Cup Race musim 2016 sukses digelar, seri terakhir yang berlokasi di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Minggu (11/12), diserbu oleh 117 starter.

Pada tahun ini, ajang pembibitan bagi pebalap yang bernaung di tim Yamaha digelar hanya tiga seri yaitu seri pertama di Purwokerto, seri kedua di Tulungagung, dan seri terakhir di Tasikmalaya. Pelaksanaan yang hanya tiga seri ini, membuat pebalap merasa kurang.

“Kurang greget kalau hanya tiga seri, sehingga persaingan antar pebalap dalam bertarung meraih poin kurang. Sepertinya lima seri cukup untuk YCR tahun depan,” ungkap Ardi Satya Sadarma, pebalap yang membela tim Khevalindo Waloja KYB KYT IRC BAF NGK SSS Racing Team.

Sementara menurut Tommy Salim pebalap dari tim Yamaha Yamalube Putra Anugrah NHK KYB Excel SSS FDR Ardians Takasago mengungkapkan, ada baiknya jika free practice ditambah satu sesi lagi. Karena jika hanya satu sesi, saya rasa kurang untuk mempersiapkan settingan motor untuk menghadapi sesi kualifikasi.

Disamping itu, pemilihan sirkuit juga harus menjadi perhatian. Maksudnya kombinasi penyelenggaraan dengan menggunakan sirkuit permanen dan non permanen.

“Penyelenggaraan di sirkuit permanen, rasanya lebih harus lebih banyak jika dibandingkan dengan penyelenggaraan di sirkuit non permanen. Karena balap di sirkuit permanen, bagi pebalap muda sangat baik, untuk mengembangkan skill balap. Sirkuit permanen pebalap dituntut harus cepat beradaptasi,” ujar Rey Ratukore, pebalap yang juga menjadi mentor bagi pebalap Wahyu Nugraha dan Erwin (Yamaha Mandiri Bien Racing WHK35 FDR RRS 222) dan Riki Ibrahin (Bien Racing IRC RRS 222).

Sedangkan tanggapan dari pihak Yamaha juga positif. Kadek Suma Adnyana Putra yang menjadi koordinator Yamaha Cup Race sekaligus Manager Motor Sport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan, bahwa akan berusaha untuk menambah jumlah seri.

“Tapi keputusannya belum final, karena kami masih berkoordinasi. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa ajang balapan ini juga ikut melibatkan beberapa pihak seperti marketing, jika lokasinya dianggap cocok untuk semua pihak maka bisa saja jumlah serinya bertambah, karena dari pihak kami ingin jumlah seri bertambah,” terang pria yang akrab disapa Suma itu. [dp/Hml]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR