Arogansi Antar Klub Yamaha V-ixion Malang

Arogansi Antar Klub Yamaha V-ixion Malang

JAKARTA (DP) — Tidak hanya permasalahan politik saja yang saat ini sedang memanas di Indonesia. Dalam sebuah organisasi atau skala komunitas sepeda motor, juga sering terjadi gesekan satu dengan yang lain.

Seperti terjadi di Kota Malang, antara klub New V-ixion Lightning (NVL) Malang dengan Yamaha V-ixion Club Indonesia (YVCI) Malang, sebagai sebuah komunitas yang seharusnya mengusung semangat persaudaraan, keduanya justru terlibat keributan.

Berdasarkan informasi dapurpacu.com yang diperoleh dari ketua NVL Malang, Lian Sebastian, pihak YVCI Malang meminta NVL Malang dibubarkan, dengan alasan yang menurut Lian tidak masuk akal.

“Dari tiga tahun ini jika ada yang mau mendirikan komunitas V-ixion lain tidak pernah bisa, pasti dibubarkan oleh YVCI Malang,” buka Lian, kepada dapurpacu.com, Kamis (08/12).

Lian menambahkan, sebelum mengganti nama NVL Malang sebelumnya bernama NVL Family Malang, namun tetap dimusuhi oleh YVCI Malang hingga berganti nama kembali menjadi NVL Kota Wisata Batu (KWB) dan masih tetap tidak diterima oleh YVCI Malang.

“Jadi begini mas, sebelumnya NVL Malang kami sudah beberapa kali ganti nama, dan akhirnya saya putuskan sebelum ada NVL KWB namanya NVL Family Malang, dibubarin juga terus ganti nama lagi, tetap dibubarin juga dan akhirnya ganti nama lagi jadi NVL Kota Wisata Batu,” jelas Lian.

Lebih lanjut, kata Lian, menurut pihak YVCI Malang tidak boleh ada klub V-ixion lain selain YVCI, padahal negera kita kan bebas berdemokrasi yang sudah diatur oleh undang-undang.

“Mereka bilang tidak boleh ada klub V-ixion selain YVCI di Malang. Jadi alasan mereka juga tidak masuk akal, masa mereka mengatakan jika ada pengguna klub V-ixion lain yang membuat arogan di jalan mereka takut yang kena imbas. Itu kan gak masuk akal, menurut mereka tahunya kan klub V-ixion cuma YVCI,” terang Lian.

Langkah pembubaran YVCI Malang terhadap NVL Malang sudah sampai tindakan mengancam bahkan serius.

Mediasi pun Gagal
Aku Lian, pihak NVL Malang sudah berinisiatif untuk duduk bersama dengan YVCI Malang, Federasi Otomotif Malang bersama pihak kepolisian setempat, namun sayangnya langkah mediasi gagal, karena pihak YVCI Malang terus mengancam dan bersikukuh dibubarkan.

“Saat itu saya meminta musyawarah yang isinya, apabila pihak kepolisian meminta kami bubar kami akan bubar, tapi jika tidak dilarang kami, pihak YVCI Malang harus menerima kami. Tapi pada akhirnya, Rabu (07/12) kemarin, mediasi gagal karena tetap di bawah ancaman,” sesalnya.

YVCI Pusat Bersikap Terbuka
Untuk menyikapi permasalah itu, dapurpacu.com mencoba mencari klarifikasi terkait larangan pendirian sebuah klub V-ixion selain YVCI, melalui Marlon salah satu sesepuh YVCI Pusat.

Menurut Marlon, tidak ada larangan bagi klub manapun untuk mendirikan sebuah klub pengguna Yamaha V-ixion, siapa pun dan di mana pun boleh mendirikan klub lain selain YVCI.

“Kami dari YVCI pusat tidak ada larangan bagi siapapun yang ingin mendirikan klub yang menggunakan Yamaha V-ixon, kan negera kita bebas berdemokrasi ada undang-undangnya,” buka Marlon.

Marlon menambahkan, secara pribadi belum mengetahui secara pasti kejadian di Malang, sampai saat ini hanya sebatas laporan dari chapter Malang.

“Kejadian pastinya saya belum tahu, nanti saya akan telusuri dulu, yang ditakutkan masalah tersebut berawal dari masalah personal yang kemudian dibawa sampai klub. Yang jelas tidak ada larangan dari kami mau membuat klub menggunakan Yamaha Vi-Xion silahkan saja bebas,” tegas Marlon. [dp/Ric]

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Bogang
    16 December 2016

    Bukan hanya di malang aja….. Udah bukan rahasia umum hampir diseluruh kota yg ada YVC-I pasti terjadi hal yang seperti itu….. Udah engak kaget dengan sikap seperti itu. Harusnya yang dipusat bisa lebih mengendalikan mereka yg didaerah.

  2. V. Rossi
    14 December 2016

    Ini semua gara2 lorenzo

  3. Mamang
    10 December 2016

    Ini sih kasusnya sama kaya salah satu kota besar di jawa barat, yg ngelarang ada komunitas/club vixion lain selain mereka dgn alasan yg sama (dan ngerasa ada lebih awal dibanding yg lain) . Merasa lebih senior akhirnya malah jadi kelihatan lebih arogan, capedeh hadeuuuuh

  4. Anonim
    10 December 2016

    Selamat anda telah melestarikan budaya warisan dari belanda yaitu Devide et Impera.

  5. Rohmat
    9 December 2016

    Indonesia negara hukum
    Undang2 juga sudah mengatur
    Perjanjian apapun akan tidak berarti jika melanggar undang2. Klo aku jadi NVL Malang aku akan GUGAT atas dasar pelanggaran HAM biar kapok. Ini negara merdeka. Semua warga negara memiliki hak yanh sama

  6. FuBo
    9 December 2016

    Ga malu sama merk motor satria ta?
    Di malang sendiri sudah banyak club satria dari berbagai macam bendera, dan mereka pun tetap damai2 saja tanpa ada perselisihan.

  7. bikers plat N
    9 December 2016

    ini yang lucu lagi.. katanya di batu masih cakupan malang…. tp yvci chapternya kok jg berdiri di batu.. NVL yg duluan berdiri di batu… NVL batu jg stay woles… padahal anggota NVL batu itu anggotanya yg “di bubarkan” di malang… kalo udah gmw di ganggu di malang ya sewajarnya jgn dirikan chapter di batu donk… kalo masih mw di lihat saling menghargai… tp mana??

  8. perdana
    9 December 2016

    Di batu nvl kwb lebih dulu berdiri sbagai club trus muncul yvci capterbatu..pihak nvl trima aja tuh…masak nvl gak boleh berdiri di malang ini negara bebas broo
    klo emang tidak boleh gmn klok d batu juga di kayak gitukan
    jadi Di KOTA Batu tidak ada yvci

  9. ijo
    9 December 2016

    yahh..ini akibat nongkrong nongkrong lalu ngelapakin wilayah. diwilayah itu cuma boleh ada club nya doang, ngga boleh ada club baru yg bukan dibawah kepengurusannya. ini untuk memperbesar potensi penambahan membernya. ntar kalo member besar, nyari sponsor juga gampang. taktik basi.

  10. Adhikarta
    9 December 2016

    Terinspirasi filem boy sepertinya… AJE VS Sariawan. Terlalu fanatik jg ga baik..

  11. Setyo
    9 December 2016

    Alah YVCI dah lama jelek namanya , isinya arogan semua…

  12. Komando
    9 December 2016

    Di batu nvl kwb lebih dulu berdiri sbagai club trus muncul yvci capterbatu..pihak nvl trima aja tuh…masak nvl gak boleh berdiri di malang ini negara bebas broo bukan milik 1 club atau oknum tertentuu…..mirissssss liat nya sedihhhh….. jago grudukan 1 lawan 1 brani gak

  13. Blownde
    9 December 2016

    Brotherhood itu gampang diucapkan tapi susah dipraktekan. Negara demokrasi, sah sah saja mau buat apapun selama tdk melanggar aturan undang2. Jadilah bikers yg smart bukan arogansi. Pelopor lalu lintas bukan geng motor…
    #respect

  14. Bonte
    9 December 2016

    Kalo alasan yg sperti itu dirasa kurang etis untuk memaksa membubarkn suatu komunitas , kalau memang itu alasannya knp tidak masing2 pihak membuat ciri khas untuk komunitasnya masing2 , kaya’ motor anggota wajib d pasang sticker d bagian yg paling mudah d lihat orang (spatboard , tangki , topi headlamp) dan setiap komunitas harus memiliki sticker yg KONTRAS/sangat berbeda , entah itu dr LAMBANG , WARNA ,ataupun BENTUK … jd apa bila terjadi tindak tdk terpuji d jalan oleh oknum anggota komunitas , masyarakat bisa dgn mudah dan jelas untuk merincikan dr komunitas yg mana si oknum tersebut.

  15. I'm Not Fake Bikers
    9 December 2016

    Wah wah wah… Kok bs smpe ada surat perjanjian yg melarang mendirikan club Vixion lain selain yvci di kota Malang? Emang Malang itu kota milik pribadi ya? Di kota t4 sy tinggal saja ada 3 club Vixion meskipun club kami yg pertama tp tdk sampai hrs buat surat perjanjian lho… Ksian, jgn smpe gagal paham aja sih…

  16. And Justice For All
    9 December 2016

    Dapatnya apa coba? Tujuannya apa coba? Indonesia sudah merdeka bung!!!
    Kok malah terlihat sangat Norak!
    Jangan mendorong orang lain untuk buta warna bro!,.. karena pelagi itu indah!.

  17. Ba Lack # SV 003 SMD
    8 December 2016

    slogan brotherhood hanyalah sebuah slogan semata ….. tdk terealisasi dalam kehidupan nyata…
    tidak ada rasa saling menghargai sesama club atau komunitas motor. yg ada cuma persaigan.

  18. Nn
    8 December 2016

    Sama Persis dgn nvl manado. Sama2 ditolak YVC-I. Tp untung nya bisa bertahan sampai 3 thn walaupun awal2 berdiri dibawah tekanan.

  19. TumpiL_RBT.freedom
    8 December 2016

    Ntah lah nyimak aja dah ????

  20. Arya
    8 December 2016

    Kasusnya sama persis club vario di Mojokerto . Comunitas lain g boleh berdiri sama club lama . Emang Haknya apa cobak

  21. Ardian
    8 December 2016

    Yups, Kalo perjanjiannya menyebut Klub NVL di Kota Malang tidak boleh, Tapi Klo Kabupaten Malang kan beda ? Kota Batu juga beda, yg dilarang kan cuma Kota malang saja ?

  22. Kiki
    8 December 2016

    Mantab artikelnya

  23. Pemerhati Organisasi
    8 December 2016

    Saya rasa sebelum team readksi menaikkan beritanya mohon untuk mempertimbangkan dari segala aspek, maksud nya jangan menaikkan berita jika hanya bersumber dari salah satu pihak, jika memang bersumber dari salah satu pihak maka konten nya jangan bersifat memprovokasi dan menyudutkan salah satu pihak, jangan sampai media seperti ini menjadi media “setingan” yang memihak salah satu. Terimakasih

  24. N-086
    8 December 2016

    Kami hanya menagih kewajiban mereka sebagaimana telah disepakati bersama NVL terdahulu bahwa NVL tidak akan mendirikan diwilayah malang kota pada saat itu yg kemudian NVL Pindah ke wilayah batu yg masih dalam cangkupan malang raya..
    Jadi kalau anda bicara kami tidak menerima NVL KWB..
    Itu sebuah kebohongan besar karena kita beberapa kali telah sempat kopdar bersama NVL KWB baik itu dikopdaran mereka di batu..
    Buat werkudara, perlu dijelaskan bahwa sebelumnya pihak NVL terdahulu telah menyepakati htam diatas putih bermaterai bahwa mereka tidak akan mendirikan NVL di kota Malang yg telah disepakati sebelumnya..
    Kemudian jika sekarang pihak NVL kemudian melanggar sendiri apa yg telah diperjanjikan, kemudian Kami YVC-I Malang menagih apa yg mereka janjikan, maka diperbolehkan dong???
    Kami rasa tidak ada arogansi apapun karena apa yg kita tempuh berdasarkan apa yg telah disepakati sebelumnya bersama NVL terdahulu dengan perjanjian hitam diatas putih dengan materai..

  25. Arie
    8 December 2016

    Silahkan di cek kebenarannya lgsg menemui pengurus YVCI malang atau skalian mewawancara ke2 belah pihak. . Jangan hanya sepihak meminta keterangan. Dan hati2 hal2 yg tidak benar sesuai kejadiannya bisa di PIDANAKAN . dg tindak pidana pencemaran nama baik.. Hati2 bro kalo buat berita .

  26. penasaran
    8 December 2016

    sepertinya klw dilihat dr foto bukan tagline “AROGANSI”..
    mungkin ada baiknya penulis berita memperjelas lg informasinya, bukan membela tapi silahkan dinalar, apakah foto diatas menggambarkan AROGANSI?persepsi publik akan mengarah k hal yg negatif akan berita ini. jadikan informasi yg anda berikan objektif.

  27. Werkudara
    8 December 2016

    Perjanjian yang sepihak.perjanjian awal di dampingi kepolisian tp gak brani dr yvci..hanya pengancaman karena menang di masa.slogan btotherhood gak mudeng di pikiran mereka.mencoreng nama besar yvci…