Bosch: Motor Listrik Bantu Indonesia Ketergantungan BBM

Bosch: Motor Listrik Bantu Indonesia Ketergantungan BBM

SUKARAJA (DP) – Perusahaan asal Jerman, Bosch, salah satu penyedia komponen dan baterai mengatakan, motor listrik sebetulnya sangat membantu Indonesia bisa terbebas dari ketergantungan terhadap BBM.  

Ralf von Baer, Presiden Direktur Bosch mengatakan, secara keseluruhan motor listrik bisa menghemat pasokan BBM hingga 35 kali lipat, dan menekan emisi kendaraan hingga 30%.

“Emisi di Indonesia sampai hari ini sudah mencapai 30% dan itu datang dari sepeda motor,” katanya. “Motor listrik jugabisa menghemat sampai 35 kali pengiriman truk tangki per hari,” katanya.

Ralf mengakui Indonesia punya peluang besar terhadap perkembangan motor lsitrik. Namun hal tersebut tidak mudah, jika andil pemerintah kecil dan pihak produsen tidak mendorong percepatan tren motor listrik.

“Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ketiga setelah China dan India. Tentu punya kans besar. Tapi kita lihat China dan India, mereka sudah lebih dulu ke arah sana, di China, yang tinggal di kota besar, hampir 100% sudah memakai motor listrik,” katanya.

Indonesia memang sangat menjanjikan untuk motor listrik. Tapi harus diingat, motor listrik digunakan untuk perjalanan singkat. Hal itu yang harus dipikirkan produsen motor. Membuat baterai yang tahan lama.

“Itu yang kami pikirkan mengingat kami menawarkan baterai, dan dinamo motor listrik kepada para produsen. Mengingat, motor konvensional di sini biasanya menempuh perjalanan 20 hingga 30 kilometer,” kata Ralf.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR