Small SUV China ‘Colek’ Toyota Rush dan HR-V

Small SUV China ‘Colek’ Toyota Rush dan HR-V

JAKARTA (DP) – Toyota Rush, HR-V, dan Juke perlu waspada terhadap pendatang baru asal Tiongkok ini. Produk small-SUV lansiran SAIC-GM-Wuling (SGMW), Boujun 510, tampil perdana di Guangzhou Motor Show 2016 beberapa waktu lalu, dan mampu menghipnotis kalangan muda pecinta SUV. Desain khas Paman Sam yang maskulin membuatnya punya daya pikat tinggi.

Bukan tanpa alasan, Boujun 510 tampil stylish dengan desain bodi tegas yang ditunjang wajah hingga buritan berkarakter kuat DNA General Motor (GM).

Klaimnya, unsur kemewahan juga belum habis hingga ke dalam kabin. Pemilihan balutan kulit sintetis, panoramic sunroof, desain dashboard modern lebih sederhana menjadi kekuatan tersendiri.

Fitur penunjang berkendara, SGMW menambahkan sistem cruise control, stability control, navigasi, kontrol tekanan ban, dan sistem infotainment lengkap.

Dibalik bonnet SUV berdimensi panjang 4220 mm, lebar 1740 mm, dan tinggi 1605 mm itu, mengandalkan mesin 1.5-liter bertenaga 111 Hp.

Dari sumber anonim di internal SAIC-GM-Wuling (SGMW Indonesia), Boujun 510 kemungkinan masuk ke Indonesia itu mungkin saja. Menurutnya, semua yang penjualannya bagus di China, akan dibawa ke Indonesia.

Tapi memang, lanjutnya, periode 2017-2018 SGMW Indonesia masih fokus pada pasar MPV saja. Yaitu model Wuling Hong Guang S (kelas Xenia-Avanza) dan Boujun 730 (kelas Innova).

Setidaknya, hal tersebut menjadi sinyal yang perlu direspon oleh pemain Jepang. Pasalnya, SGMW merupakan salah satu produsen otomotif terbesar di China, dan memiliki komitmen serius ekspansi di pasar otomotif Tanah Air.

Dari data yang didapat, untuk penjualan dua merek mereka yakni Wuling dan Boujun di China, periode Januari hingga Oktober 2016, sudah membukukan total 2,2 juta unit lebih. [dp/Rdo]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR