Bajaj Siapkan Lawan Vespa Sprint 2017

Bajaj Siapkan Lawan Vespa Sprint 2017

NEW DELHI (DP) – Bajaj Auto India (BAI) akan kembali melahirkan skuter. Pabrikan asal India ini diketahui sedang mempersiapkan model terbaru Bajaj Chetak 2017, mengambil inspirasi dari Vespa Sprint.

Belum banyak informasi yang dibuka terutama spesifikasi. Menurut GaadiWaadi, mesin bakal berkapasitas 125-150cc mirip Vespa, namun dengan konsumsi bahan bakar lebih irit yakni 45 km/l.

Ide melahirkan Bajaj Chetak 2017 merupakan komando Rajiv Bajaj, keturunan ketiga keluarga Bajaj. Ia mencoba menawarkan kembali skuter matik yang saat ini tengah gandrung di India.

Sedikit mengulas soal Bajaj Chetak, BAI pertama kali mendapat lisensi dari Piaggio untuk memproduksi dan mengubah logo Vespa menjadi Bajaj pada awal 1980’an.

Bentuknya masih mirip Vespa. Perbedaan paling mencolok yaitu grafis logo yang berubah dari huruf ‘P’ menjadi ‘B’ dan ada tambahan semacam ‘bemper’ di tebeng depan.

Produk Bajaj Chetak pun lumayan laku di India. Beberapa model bahkan masuk ke Indonesia. Model Vespa PX150 yang diubah sebagai Bajaj Chetak masih diproduksi hingga tahun 2006.

Setelah itu, BAI berubah haluan dan fokus memproduksi sepeda motor laki kategori roadster. Seperti Bajaj Pulsar yang sempat mencuri perhatian konsumen Indonesia sampai 2013 lalu. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR