Ini Janji “Keji” Donald Trump untuk Industri Otomotif

Ini Janji “Keji” Donald Trump untuk Industri Otomotif

DETROIT (DP) — Kemenangan Donald Trump dalam pemilihan “penguasa Gedung Putih” akan membawa harapan tersendiri bagi industri otomotif AS. Trump yang dikenal sebagai pebisnis mengaku telah memiliki konsep untuk membangkitkan kembali industri otomotif Paman Sam yang terus merosot sejak hampir sepuluh tahun terakhir.

Dalam kampanye di Michigan Agustus silam Trump pernah menjanjikan bakal mengembalikan pabrik-pabrik kendaraan yang hijrah ke Meksiko. “Saya yidak senang dengan apa yang terjadi,” kata Trump dalam wawancara telepon dengan The Detroit New kala itu.

Trump bahkan mengkritik langkah Ford yang mengucurkan dana investasi sebesar 2,5 miliar dolar AS ke Meksiko untuk pembangunan pabriknya. Dia menilai migrasi pabrik-pabrik kendaraan AS ke negera tetangganya hanya menambah tingkat pengangguran.

Karena itu, dirinya berjanji akan menghentikan segala proyek otomotif yang ingin berekspansi ke Meksiko. “Kami kehilangan pekerjaan. Kami kehilangan kekayaan kami. Kami kehilangan negara kami. Bagaimana mungkin kita melakukan ini untuk negara kita,” ungkapnya.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Trump dalam membendung hijrah otomotif AS ke Meksiko adalah dengan menetapkan pajak tinggi. Seluruh kendaraan produksi Meksiko yang kembali ke AS, dikatakan, akan dikenakan pajak tinggi.

Dalam kampanyenya di Michigan Trump juga menjanjikan bakal mengkaji ulang regulasi NAFTA antara AS dan Meksiko. Bahkan dia menyebut akan membebani pajak 35 persen untuk setiap mobil buatan Meksiko yang diimpor ke AS. Bila janji kampanye tersebut dibuktikan, di sisi lain, ini berarti akan menakan industri Meksiko. Mungkinkah? [dp/GRG]

Foto: gannett-cdn.com

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR