AISI: Penggunaan ABS Wajib Hanya Masalah Teknis

AISI: Penggunaan ABS Wajib Hanya Masalah Teknis

JAKARTA (DP) – Wacana penggunaan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) sebagai piranti wajib sepeda motor sudah diperhitungkan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) melihat kesiapan industri.

Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum AISI mengatakan, di dunia seluruh produsen roda dua sudah mengarah ke sana. Termasuk pemerintah di beberapa negara yang telah meloloskan UU penggunaan ABS sebagai piranti wajib.

“Kalaupun kami mengajukan suatu kebijakan baru khususnya untuk rem yang pakai ABS itupun juga harus melihat kesiapan dari industri, maksudnya karena ABS itu untuk setiap jenis sepeda motor kontrol unitnya berbeda,” katanya.

ABS kata Gunadi punya peran meningkatkan keselamatan pada pengendara sepeda motor. Kebijakan tentang standar rem diharapkan juga berperan pada keselamatan pengendara dan menekan jumlah kecelakaan fatal.

“Nah ini masalah kesiapan teknis itu saja, saya pikir tanpa ada kebijakan atau aturan pun kita-kita akan kesana ya, nggak ada masalah,” katanya.

Gunadi mengatakan pihaknya sudah lama berdiskusi dengan Bosch membicarakan kemungkinan aplikasi ini, AISI juga telah membawa masalah ini ke instansi terkait untuk membahas rencana ini.

“Mengapa ini jadi perhatian AISI, karena kami tergabung asosiasi lebih besar FAMI (Federation of Asian Motorcycle Industries). Taiwan udah satu langkah lebih maju, kemudian juga India karena posisi pasarnya di atas kita jadi mereka lebih gampang,” katanya. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR