Ural, ‘Motor Perang’ Rusia Tebar Pesona di GIIAS 2016

Ural, ‘Motor Perang’ Rusia Tebar Pesona di GIIAS 2016

TANGERANG (DP) – Sepeda motor asal Rusia, Ural Motorcycle kembali mencoba peruntungan di Tanah Air lewat distributor resmi PT Hobby Motor Indonesia (HMI). Menggantikan importir umum (IU) Istana Sepeda yang masuk 2012 silam.

Michael Sofyan, Direktur PT Hobby Motor mengatakan, Ural hadir untuk mengisi celah lain pecinta motor gede (moge). Terutama pecinta motor yang gemar adventure, serta hobbies yang mengerti sejarah dan keunggulan motor ‘perang.’

“Jujur marketnya abu-abu. Tapi dari kemarin buka di GIIAS 2016, kita sudah dapat 3 SPK. Mereka yang beli memang tahu kelebihan motor ini. Semuanya orang motor dan telah punya moge. Jadi tahu Ural seperti apa,” katanya.

Nama Hobby Motor bukan pemain baru di bisnis impor motor eksotis. Perusahaan yang berkantor di arteri Pondok Indah ini telah lama mendatangkan unit-unit yang kerap tidak dijual Agen Pemegang Merek (APM).

Di stan Ural yang terletak di Hall 2, ICE BSD City, HMI menawarkan empat model, yaitu Gear Up kelas adventure dan merupakan tipe paling tinggi, model touring Patrol, M70 bergaya retro, dan model cT untuk harian.

Keempatnya mengusung mesin boxer 749cc, 2-silinder, injeksi elektronik, berpendingin udara. Tenaga yang dihasilkan, 40 Hp dengan torsi 57 Nm. Semua menggunakan transmisi manual, 4-percepatan maju dan 1-percepatan mundur.

Ural
Sekilas mengenai Ural, sejarah motor ini lekat dengan Perang Dunia II. Saat itu Uni Soviet bersiap menghadapi serangan Nazi Jerman dan mengembangkan motor untuk keperluan tentara.

Cara paling efisien saat itu yakni mengembangkan motor dari merek lain. Pilihan jatuh pada BMW R71 yang memiliki sespan, karena mesinnya terbukti tangguh ‘menghajar’ medan berat dan kuat diajak menyebrangi sungai.

“Memang Ural kerap dibilang merupakan jiplakan BMW R71. Tapi waktu saya ngobrol sama orang Rusia-nya, mereka menolak keras anggapan tersebut. Mereka bilang blue Print Ural ada sendiri, dan memang dibuat khusus,” jelasnya.

Tertarik meminang Ural? Hobby Motor memberikan penawaran menarik khusus di GIIAS 2016 lewat potongan harga Rp 20 juta tiap tipe. Semuanya berstatus off the road. Usai pameran harga kembali normal.[dp/Gls]

Harga Ural di GIIAS 2016:
Ural cT Rp 325 juta
Ural M70 Rp 375 juta
Ural Patrol Rp 375 juta
Ural Gear Up Rp 405 juta

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR