George Wyman, Penakluk Jalanan Amerika Pada 1903

George Wyman, Penakluk Jalanan Amerika Pada 1903

SAN FRANSISCO (DP) – Kisah para penjelajah riding naik sepeda motor selalu menarik karena menginspirasi. Bahkan saat industri otomotif mulai booming di awal abad 20, manusia sudah berusaha menciptakan koneksi bersama mesin. Mengendarai sepeda motor sejauh yang mereka bisa.

Salah satu kisah paling populer menjelajah dengan sepeda motor mungkin perjalanan Che Guevara pada 1952 dari Argentina mengelilingi Amerika Selatan. Namun dibalik itu, ada satu kisah yang tidak kalah seru, yakni George Wyman yang berkendara dari San Fransisco ke New York pada 1903.

Wyman diketahui merupakan pria Amerika Serikat (AS) pertama yang melakukan perjalanan melintasi separuh AS mengendarai sepeda motor seorang diri. Secara total, Wyman menempuh jarak lebih dari 3.800 mil menggunakan sepeda motor merek California Moto Bike.

Wyman tercatat meninggalkan San Francisco dari daerah Fountain Lotta pada 16 Mei 1903 dan tiba di New York 50 hari sesudahnya. Sebelum sampai tempat tujuan sepeda motornya sangat rusak, dia kemudian menyelesaikan rute dengan mengayuh motor layaknya sepeda sejauh 150 mil.

Sesuai jamannya 113 tahun lalu, sepeda motor besutan Wyman tidak seperti ‘kuda besi’ masa kini. Karena pada dasarnya, motor tersebut merupakan sepeda ontel yang dipasangi mesin. Tenaga yang dihasilkan hanya 1,25 Hp untuk menaklukan jalan semi aspal dan tanah.

Ekspedisi Wyman dianggap sensasional sebab pada tahun 1903 badan transportasi AS lebih memilih memperbaiki sistem rel kereta api dibanding jalan raya. Aksinya kemudian menjembatani gerakan pembangunan jalan raya antar kota yang lebih baik, meski baru dilakukan lima tahun setelahnya.

Warisan
Beberapa tahun lalu, sebuah komunitas kecil pengendara sepeda motor jarak jauh di AS memutuskan untuk melestarikan warisan Wyman. Mereka mengobarkan riding jarak jauh naik sepeda motor dengan jalur sama yang dilakukan Wyman.

“Dia (Wyman) adalah simbol untuk masyarakat riding jarak jauh, seperti yang dilakukan Charles Lindbergh untuk penerbangan umum,” kata Tim Masterson, presiden Memorial Proyek George A. Wyman.

Riding jarak jauh secara kasar digambarkan Materson merupakan analog maraton mesin dan manusia. Berkendara jauh dengan sepeda motor adalah tentang daya tahan, konsistensi, determinasi, dan soal kebahagiaan merasakan terpaan angin di wajah dan bagian tubuh lain.

“Wyman suka memberitahu pengendara jarak jauh lainnya bahwa jika mereka membaca akun perjalanannya. Mereka akan menemukan di dalamnya setiap kesulitan, dan setiap kegembiraan mereka pernah merasa dalam perjalanan jarak jauh,” pungkasnya.[dp/Gls]

 

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR