Ekspansi Lebih masif, Toyota Tambah Pilihan Mesin C-HR

Ekspansi Lebih masif, Toyota Tambah Pilihan Mesin C-HR

GENEWA (DP) – Kehadiran Toyota C-HR di Geneva Motor Show 2016 menjadi sinyal kuat, bahwa Toyota tidak ingin melewatkan ‘manisnya’ peningkatan tren SUV dan crossover. Pilihan mesin yang awalnya hanya dua, rencananya bakal ditambah untuk menjangkau pasar yang lebih masif.

Toyota belum merinci spesifikasi mesin baru yang bakal dipakai, namun dikonfirmasi yaitu mesin 2.0-liter. Belum diketahui apakah pilihannya bensin atau diesel. Toyota juga juga menolak mengatakan negara yang bakal terinduksi mesin baru, hanya untuk ‘pasar tertentu’.

Tidak ada konfirmasi dari Toyota, namun ditengarai langkah ini murni hitung-hitungan bisnis. Sebab sebelumnya, ketika C-HR pertama kali diperkenalkan ke publik, pesaing Nissan Juke dan Honda HR-V ini hanya ditawarkan dengan pilihan mesin hibrid dan bensin 1.2-liter.

Pasalnya untuk sejumlah negara, hibrid belum begitu populer terutama di negara berkembang dengan pertimbangan harga yang lebih mahal. Sedangkan mesin bensin 1.2-liter dianggap terlalu kecil, meski sudah memakai induksi udara paksa alias turbocharger.

Sedikit kilas Toyota C-HR, mobil ini menggunakan platfrom Toyota New Global yang juga dipakai Prius baru. Versi paling tinggi dibekali mesin hibrid 1.8-liter yang menghasilkan 122 Hp dengan kadar emisi CO2 sebesar 90 g/km.

Pilihan lain yaitu mesin bensin 1.2-liter 4-silinder turbocharger, menghasilkan 155 Hp yang disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan atau CVT. Di atas kertas, tenaga tersebut setara dengan mesin 1.5-liter SOHC milik Honda HR-V yang menghasilkan 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.[dp/Gls]

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR