Fantastis, Harga Bugatti Chiron Rp 34,6 M!

Fantastis, Harga Bugatti Chiron Rp 34,6 M!

GENEWA (DP) – Bugatti Chiron akhirnya resmi meluncur di Genewa Motor Show 2016. Mengusung sejumlah kelebihan di jantung mekanis, penerus kejayaan Bugatti Veyron ini diklaim sebagai model paling kuat, cepat dan mewah yang pernah dibuat pabrikan.

Secara visual, eksterior Chiron masih mengadopsi isyarat gaya Veyron. Identifikasi persamaan keduanya dapat dilihat mulai dari grille berbentuk kubah, bentuk atap, hingga bagian buritan. Ada kesan, similaritas ini untuk menekankan ciri khas Bugatti.

Dibanding pendahulunya, Chiron lebih panjang 82 mm, lebih lebar 40 mm, dan lebih tinggi 53 mm dari Veyron. “Chiron pada dasarnya sebuah mobil baru, hanya sebagian kecil yang memanfaatkan komponen Veyron,” ujar bos Bugatti, Wolfgang Durheimer.

Interior Chiron terlihat lebih mewah namun tetap mempertahankan aura racing. Jok dirancang menggunakan bahan kulit berkualitas. Kesan ‘mobil balap’ terakumulasi lewat aplikasi panel kabin berbahan serat karbon dan aluminium.

Mengadopsi struktur mid engine atau bermesin tengah, jantung Chiron pada dasarnya merupakan mesin Veyron yang dimodifikasi. Namun Bugatti mengklaim, mesin W16 8.0-liter telah mendapat revisi besar-besaran, termasuk empat turbocharger yang lebih besar.

Bugatti mengatakan mesin baru tersebut mampu meletupkan 1.500 Hp dan torsi 1.180 Nm pada 6.000 rpm. Di atas kertas, tenaga Chiron lebih kuat 200-300 Hp dari Veyron. Sayangnya pabrikan membatasi kecepatan maksimum hanya 261 kpj.

Rumor yang berkembang, Bugatti akan melakukan upgrade dan melepas limiter agar Chiron mampu berlari 290 kpj. Tujuannya tidak lain untuk bersaing dengan supercar lain semacam Koenigsegg Regera dan Hennessey venom GT.

Bugatti Chiron hanya akan diproduksi 500 unit, atau lebih banyak 50 unit dari Veyron. Banderol dilepas mulai US$ 2.61 juta atau sekitar Rp 34,6 miliar. Pengiriman perdana ke tangan kosumen akan dilakukan pada Juni mendatang.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR