Dekotora: Modifikasi Truk Nyentrik Tapi Eksis, Bro!

Wisnu Guntoro Adi | 16-Aug-2010
Dekotora: Modifikasi Truk Nyentrik Tapi Eksis, Bro!
POPULER
Dealer Daihatsu Tak Sabar Buka Selubung Adik XeniaAlasan Pedrosa Masih di Honda hingga MotoGP 2018Kado Toyota untuk Corolla Atas Dedikasi Selama 50 TahunPenjelasan Alex Lowes Terhempas dari Yamaha R1 di SepangDealer Ducati Terbesar di Dunia Hadir di Jakarta

TOKYO (dp) — Dekotora. Sejauh mana Anda mengenal nama ini. Memang masih terasa asing di telinga kita, bukan? Dekotora atau Decotora merupakan kependekan dari “Decoration Truck” (Dekorasi Truk). Dekotora sendiri merupakan modifikasi pada truk yang sangat popular di Jepang dan masih eksis sampai detik ini.

Tidak seperti modifikasi truk yang berlaku di Indonesia, kreativitas para pengemudi truk di Jepang jauh lebih konyol. Pada Dekotora hal menonjol yang tak boleh dilupakan adalah kilauan cahaya, serta pernak-pernik mengilau. Bahkan pada beberapa truk modifikasinya dilakukan dengan menambah atribut-atribut yang unik.

Dekotora memang dipopulerkan oleh para pengemudi atau pekerja angkutan truk di Jepang. Modifikasi yang dilakukan tak sebatas pada bak belakang atau eksterior. Melainkan hingga ke bagian interior. Art Truck atau “atotorakku”. Begitulah bahasa Jepang menyebutkan.

Gaya modifikasi Dekotora pertamakali digunakan pada 1975 dalam sebuah film yang menceritakan kehidupan pengemudi truk di Jepang. Namun pada era 90-an gaya modifikasinya ikut dipengaruhi serial film animasi Gundam.

Kendati tampak ekstrim, modifikasi Dekotora tidak menyalahi peraturan keselamatan berkendara yang berlaku di Jepang. Bumper yang umumnya tampil lebih besar dan panjang, serta atap yang terkadang diimbuhi “topi” besar tetap aman bagi pengemudi, penumpang, serta pengguna jalan lain.

Di samping atribut lampu tambahan yang terasa berlebihan, ciri menonjok Dekotora terletak pada tema grafis. Umumnya, gambar-gambar yang digunakan bertema binatang, bunga, manusia, kabuki, simbol keagamaan atau animasi. Semua gambar-gambar tersebut biasanya mencirikan status barang yang diangkut truk Dekotora.

Nah, mungkinkah suatu saat Decotora akan menjadi tandingan bagi pemimpin Transformers, Optimus Prime? Cekidot! [dp/GRG]

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Modifikasi Truk
    15 October 2013

    bener nyentrik banget bro