Terkecoh dengan Penampilan ‘MINI Cooper’ Daihatsu

Terkecoh dengan Penampilan ‘MINI Cooper’ Daihatsu

TOKYO (DP) – Banyak yang terkecoh dengan tampilan Daihatsu Cast pada gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2015, (28 Oktober-8 November). Tidak sedikit yang mengatakan Cast mirip dengan hatchback ikonik Inggris, MINI Cooper.

Secara tidak sengaja, Cast Sport saat itu diparkir tak jauh dari MINI Cooper dekat pantai Enoshima, ketika para jurnalis yang diundang Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan test drive deretan model Daihatsu di Kamakura, Yokohama. Hanya saja tipe Cast yang diuji coba jurnalis bukan Cast yang tampil di Tokyo Motor Show 2015.

Sambil mengambil gambar, para jurnalis membandingkan tampilan MINI dan Cast. Selintas memang mirip, tapi dari soal harga dan mesin bukan kelasnya untuk dibanding-banding.

Seperti diketahui, Daihatsu Motor Co., Ltd, memperkenalkan model kei car (mobil kecil) terbarunya, Cast. Kei car ini telah diluncurkan September lalu, namun di TMS ada sebuah varian lagi yang diperkenalkan bagi publik global, khususnya konsumen Jepang.

Dua varian awal Cast yang dipasarkan pada September lalu adalah Activa dan Sport, sedangkan varian yang diperkenalkan di TMS 2015, yakni Cast Style.

Ketiga model Daihatsu Cast ini memiliki basis mesin dan platform yang sama. Perbedaannya hanya pada desain eksterior, wajah depan, dan untuk model Sport menggunakan suspensi lebih rendah.

Daihatsu Cast dilepas dengan harga 1,221 juta yen di Jepang atau sekitar Rp 130 juta. Dasar pengembangan Cast dimulai dari Move, namun dibuat lebih ringkas dengan desain yang telah meninggalkan kesan boxy. Cast masih mengusung mesin DOHC tiga silinder 660 cc, sama dengan kei car lainnya.

Buat Anda yang penasaran, Cast kemungkinan besar akan diboyong Astra Daihatsu Motor di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 mendatang.[dp/Gus]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR