Suzuki Ungkap Mesin Motor Turbocharged

Suzuki Ungkap Mesin Motor Turbocharged

TOKYO (DP) – Suzuki tidak berhenti menggoda publik dengan mengisyaratkan bakal membuat sepeda motor yang dipersenjatai supercarged. Hal ini bermula kala pabrikan memperkenalkan Suzuki Recursion concept di Tokyo Motor Show (TMS) 2013.

Sejak saat itu banyak spekulasi yang menyebut motor ini akan masuk produksi. Kehadiran motor dengan tambahan turbo ini makin kuat setelah Suzuki diketahui mulai mengajukan hak Recursion concept di badan paten Amerika Serikat dan Uni Eropa beberapa waktu lalu.

Meski masih abu-abu, kepastian tersebut makin terang setelah pabrikan resmi memperkenalkan mesin baru bernama EX7 di TMS 2015. Suzuki masih malu-malu mengungkap spesifikasi mesin baru ini, hanya menyebut akan dipersenjatai turbo dan intercoler, 2-silinder, 4-katup, DOHC.

Jika harus berspekulasi, mesin EX7 kemungkinan merupakan adopsi dari mesin paralel-twin 588cc turbocharged milik Recursion concept. Jika itu terjadi, maka pembangkit tenaga kuda ini setidaknya dapat menghasilkan 100 hp dan torsi 75 ft-lbs.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai rencana Suzuki terhadap mesin EX7. Namun jika rumor yang beredar benar, maka bukan tidak mungkin Recursion concept akan lahir pada 2017. Atau mesin ini dipakai di model lain dan dipamerkan di EICMA, Milan beberapa waktu lagi.[dp/Gls] 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR