Sikap Nissan Untuk Masa Depan Permobilan

Sikap Nissan Untuk Masa Depan Permobilan

TOKYO (DP) — Perkembangan kendaraan masa depan menjadi topik menarik di Tokyo Motor Show 2015 di Mobilityscape Tokyo yang dihadiri oleh lima petinggi produsen mobil Jepang yang tergabung dalam JAMA (Japan Automobiles Manufactures Assiciation), hari ini (29/10).

Mereka memulai dari pentingnya menekan  emisi gas buang lebih dari 20% di tahun 2020. Selain itu para manufaktur seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan, Honda dan Mazda juga harus mementingkan perangkat keselamatan awak kabin dan pengguna jalan lainnya. Karena melihat masih tingginya angka kecelakaan di dunia akibat insiden tabrakan.

Kendaraan selain dari mesin pembakaran (internal combustion) akan mulai beragam di masa depan. Dimulai dari hybrid, plugin hybrid, kendaraan listrik, hingga fuel cell.

Tak sekadar sebagai alat transportasi namun mobil dituntut juga berperan sebagai sumber energi. Karena melihat sering terjadinya bencana, energi dari kendaraan bisa digunakan sebagai energi listrik sementara.

Majunya kendaraan tentunya juga harus adanya keterlibatan pemerintah menyediakan infrastruktur. Bila melihat trend kendaraan kedepan bukan lagi soal emisi gas buang namun juga faktor keselamatan. Sebab dalam waktu dekat ini mobil autonomous atau self driving akan mulai diproduksi massal. Seperti salah satunya Nissan IDS concept yang diperkenalkan di pembukaan Tokyo Motor Show 2015, Rabu kemarin (28/10).

Hiroto Saikawa, Chief Competitive Officer Nissan Motor yang menghadiri MobilityScape  mengungkapkan bahwa sejatinya mobil adalah sebuah alat transportasi pribadi. Namun dengan teknologi ini memberikan pengalaman tersendiri bagi pengendaranya.

“Memang tidak murah menerapkan teknologi ini. Selain itu kita juga berpikir soal keselamatan dan emisi. Kita harus saling berkorporasi dengan negara lainnya, hal ini kita perlu membicarakan lebih jauh,” yakin Saikawa, pada Dapurpacu.com di Tokyo Big Sight. [dp/Kch]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR