Skyactiv-R Untuk Calon Mazda RX-9

Skyactiv-R  Untuk Calon Mazda RX-9

TOKYO (DP) – Mazda resmi memperkenalkan konsep RX-Vision di Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Selain eksterior, coupe dua pintu ini menggoda publik lantaran dipersenjatai SKYACTIV-R, yang pada dasarnya ialah generasi baru mesin rotary Mazda.

Pabrikan enggan mengungkap rincian teknis mesin baru ini. Mazda hanya menegaskan RX-Vision didukung oleh generasi baru SKYACTIV-R. Meski diketahui penghantar daya akan memakai transmisi manual yang dikirim ke roda belakang.

Eksekutif Mazda mengakui ada beberapa hambatan jika pabrikan ingin RX-Vision masuk produksi. Namun, jika semuanya berjalan sesuai rencana, model ini akan ditambahkan ke lineup Mazda sebagai model produksi biasa sebelum akhir dekade.

“Mazda akan terus melakukan inovasi-inovasi terbaru sebagai bagian dari upaya Mazda untuk membangun hubungan dengan pelanggan, agar dapat menjadi satu-satunya brand yang dicintai pelanggan kami,” kata Masamichi Kogai, President and CEO Mazda Motor Corporation.

Mazda pertama kali menggunakan mesin rotary di model Cosmo Sport (juga dikenal sebagai Mazda 110S) pada 1967. Berbeda dengan mesin pembakaran biasa, rotary menggunakan konstruksi dimana tenaga dihasilkan melalui gerakan putar dari sebuah triangular rotor.

Mazda tercatat sebagai satu-satunya pabrikan yang memproduksi massal mesin rotary. Capaian tertinggi mesin rotary terjadi pada 1991, dimana Mazda menuju ke puncak kesuksesan dengan berhasil memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans.

Wajah depan RX-Vision familiar dengan model Mazda lain lewat grille perisai dan lampu menyipit. Beralih ke belakang, desainer Mazda menampilkan aura moderen lewat lekukan pendek. Semetara lampu kembar di belakang berpadu manis dengan dua knalpot.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR