Honda Clarity Fuel Cell Lampaui Mirai

Honda Clarity Fuel Cell Lampaui Mirai

TOKYO (DP) – Honda resmi memperkenalkan kendaraan berbahan bakar hidrogen baru di Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Menggunakan nama Honda Clarity Fuel Cell, mobil yang siap masuk jalur produksi ini akan mulai dijual di Jepang awal 2016 dan menyusul sejumlah negara Eropa.

Perkenalan Clarity Fuel Cell sebenarnya telah dilakukan pada awal pekan lalu, namun saat itu Honda masih menyimpan rincian teknis. Lebih jauh, mobil ini merupakan pengembangan dari Honda FCV Concept yang debut di Detroit Auto Show awal tahun ini.

Honda Clarity Fuel Cell memiliki panjang 4.895 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.475 mm. Kapasitas angkut dapat menampung lima orang dewasa. Honda mengklaim, ukuran penggerak sebanding dengan komposisi mesin V6 konvensional berbahan bakar bensin.

Hasil tersebut didapat dari pengurangan ukuran tiap sel hingga 1 mm atau 20%. Membuat powertrain Clarity Fuel Celllebih kecil 33% dari sang pendahulu FCX Clarity. Kendati demikian tenaga yang dikeluarkan justru lebih besar, yakni 117 PS.

Dalam keadaan tangki terisi penuh, mobil dapat menjelajah hingga 700 km atau setara 435 mil (hasil pengujian internal menggunakan metode JC08). Catatan ini jauh lebih besar dari Toyota Mirai yang hanya menempuh sekitar 650 km jika tangki hidrogen terisi penuh.

Soal desain, sama seperti Mirai agaknya butuh waktu untuk membiasakan diri. Meski desainer Honda berusaha menonjolkan kesan aerodinamis yang ditopang lampu LED dan velg 18 inci. Sementara eksterior mencolok, namun kabin tetap memiliki tata letak konvensional. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR