Honda CB yang Harganya Kini Selangit

Honda CB yang Harganya Kini Selangit

JAKARTA (DP) – Tidak ada patokan jika bicara harga motor klasik. Sebab, parameternya sangat beragam, mulai kondisi fisik, parts original yang melekat, hingga nilai historis. Ini pun setidaknya masih terbagi dalam dua kategori, sejarah intrinsik motor, dan pengalaman sang pemilik.

Tidak heran jika kadang harga motor klasik luar biasa mahal. Bahkan sering mengundang takjub lantaran banderolnya seperti ‘menyentuh langit’. Pemandangan tersebut juga tidak luput di ajang The 3rd Indonesia Motorcycle Fest (IMF), di Parkir Timur Senayan, (3-4/10).

Saat berjalan di area bursa spare parts IMF Sabtu (3/10), Dapurpacu.com melihat jajaran Honda CB tua yang sangat mengkilap. Ada tujuh motor disana, CB200 dan CB72. Seperti diduga, motor-motor yang tampak seperti baru ini pasti mengundang orang melihat secara dekat.

Dari tulisan yang terpampang, ada dua unit yang dilego yaitu Honda CB72 warna merah seharga Rp 160 juta, dan CB200 warna hijau yang dilepas Rp 120 juta. Keduanya tertulis full paper, dan tentunya ‘negotiable’ atau bisa ditawar.

Sayang ketika ingin dikonfirmasi, Dapurpacu.com tidak bisa menemukan sang pemilik. Menurut tukang helm yang berada di samping motor, si penjual ada di dekat pintu masuk. Namun setelah didatangi, tetap tidak bisa menemukan si pemilik motor.

Meski tidak ketemu pemilik motor-motor tersebut. Setidaknya Dapurpacu.com cukup puas melihat reaksi pengunjung yang datang. “Anjass,, cakep bener,,,Eh busett tapi Rp 160 juta..,” kata salah satu pengunjung. “Gila sekarang harga-harga CB,” timpal temannya.

Kejadian tersebut berulang kali terjadi. Mengagumi bentuk motor, lalu komentar soal harga. Banyaknya reaksi serupa yang dilontarkan pengunjung setidaknya menguatkan teori lawas bahwa variable penentuan harga motor klasik sangat tergantung sang pemilik.

Sedikit kilas CB72 Dream Super Sport, motor ini diproduksi mulai 1959-1964 dan merupakan pengembangan dari C72. Berbeda dengan C72 yang memakai direct rotor-crankshaft, pin engkol CB72 dapat bergerak hingga 180 derajat. Keduanya memakai karburator diameter 22mm.

Di Jepang ada beberapa versi tambahan CB72 seperti CBM72 dengan bangku pendek, serta CP72 untuk keperluan tugas Polisi.[dp/Gls]   

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR