Modifikasi Sepeda Motor Trail Melanda Artis

DapurPacu | 22-Jul-2010
Modifikasi Sepeda Motor Trail Melanda Artis
POPULER
Dealer Daihatsu Tak Sabar Buka Selubung Adik XeniaAlasan Pedrosa Masih di Honda hingga MotoGP 2018Kado Toyota untuk Corolla Atas Dedikasi Selama 50 TahunPenjelasan Alex Lowes Terhempas dari Yamaha R1 di SepangDealer Ducati Terbesar di Dunia Hadir di Jakarta

JAKARTA (DP) – Sepeda motor jenis trail tak hanya milik para crosser yang berlaga di ajang motocross. Di jalan raya, sepeda motor yang identik dengan ground clearance tinggi dan ban bergerigi ini sudah banyak ditangkap mata kita. Penggemarnya, bahkan, semakin menjamur, berbanding lurus dengan trend Supermoto yang semakin besar.

Dari data Kawasaki Motor Indonesia (KMI), sepeda motor jenis trail laris manis, tumbuh lebih dari 50%. Pasar yang sempit ini praktis banyak dikuasai Kawasaki karena memang lebih fokus ke model yang tidak mainstream. ”Ibaratnya merk-merk lain jual ayam dan sapi, kami jual sayuran,” kata Freddyanto Basuki, Manager Marketing Kawasaki Motor Indonesia, kepada Darpurpacu.com.

Dengan respons ini Kawasaki meluncurkan produk baru, yakni Kawasaki D-Tracker 150, yang dikenalkan di Pekan Raya Jakarta 2010 silam. Penjualannya oke, lebih dari 100 unit hanya di event itu.

Setali tiga uang, di luar negeri juga sedang trend sepeda motor trail untuk harian. Berbagai komunitas trail menyebut trail harian ini sebagai Supermoto. Trend ini sudah dimulai di berbagai negara di  Eropa sejak 1996. Di awal era 2000-an, trend Supermoto mulai menjalar di kalangan bikers Indonesia.

Tapi masalahnya, harga jual trail memang tak semurah sepeda motor bebek atau skutik. Kawasaki D-Tracker 150, misalnya, bisa dibanderol Rp 23,9 juta. Belum lagi merek-merek dengan spesifikasi lebih tinggi, harganya bisa mencapai Rp 30-an juta ke atas.

Solusinya? Memodifikasi. Kini, banyak bikers yang ingin memodifikasi sepeda motornya. Mereka membangun dari nol untuk berubah wujud menjadi Supermoto. Menurut Lery, builder berbendera Caos Custom Bike di bilangan Pancoran, Jakarta, Supermoto sudah menjadi makanan sehari-harinya.

”Trend ini sudah merasuk ke para artis. Sebut saja Tora Sudiro, Ferry Maryadi, dan masih banyak artis lain ingin membangun sepeda motornya di bengkel saya,” ujar Lery.

Untuk membangun sepeda motor biasa menjadi Supermoto, ternyata bisa memakai jenis sepeda motor apa saja. Namun, tenaganya harus disesuaikan dengan bobot dan konsep yang akan dibangun. ”Kalau bisa bahannya dari sepeda motor cowok, atau mesin yang tenaganya sudah besar,” jelas Lery. [dp/Don]


© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. dando rasta
    13 August 2014

    VIMAX Order" BB- 795E5C80
    Vimax Pills Capsule Canada Pembesar & Pemanjang mr.p 100% Original Dan Kuat Tahan Lama,

    Vimax Capsule Canada adalah herbal alami yang kuat dan perangkat tambahan suplemen pria yang membantu untuk meningkatkan gairah dan daya tahan. Diformulasikan dari tumbuh-tumbuhan khusus dipilih ditemukan di seluruh dunia, ketika diambil seperti yang direkomendasikan vimax telah ditunjukkan untuk meningkatkan kinerja gairah laki-laki, membantu pria mencapai ereksi lebih kuat dan lebih tahan lama.,

    Capsul vimax 100% aman dan alami. Hanya bahan-bahan berkualitas tertinggi herbal dari seluruh dunia yang digunakan dalam pembuatan vimax. Kami senang untuk mengatakan bahwa produk kami digunakan oleh pria berusia 18-78 tahun, dengan tidak ada laporan efek samping.,

  2. m yusup
    8 August 2014

    pengen modifikasi vixxion dimana saya bisa mendapatkan aksesoris tril untuk vixion mhn infonya bro

  3. el
    22 July 2013

    bro bisa dikirimin nggak spesifikasi dan budgetx kalo pengen modif vixion jadi supermoto
    :-))

  4. Khoirudin
    23 March 2013

    Cover body apa yang cocok buat sepeda motor Rx King,dan berkisar berapa harganya???

  5. apriansyah
    1 September 2012

    asiik smuanya kren banget

  6. rahman salam
    30 June 2012

    caver body apa yg cocok buat motor jenis vixion?