Pertamina Ajak Masyarakat Berani Laporkan SPBU Curang

Pertamina Ajak Masyarakat Berani Laporkan SPBU Curang

JAKARTA (DP) – Sudah menjadi rahasia umum ada beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina nakal, mengurangi takaran Bahan Bakar Minyak saat pengisian. Hal ini jelas merugikan masyarakat dan mendapat tanggapan serius Pertamina.

Krisanti Gondokusumo External Relations Pertamina Region III Jawa Bagian Barat menyarankan kepada masyarakat yang merasa dicurangi berhak meminta pihak SPBU melakukan pengetesan menggunakan Nozzle Test Bejana (gelas ukur). Pengetesan ini dapat memastikan ada kecurangan atau tidak.

“Temui saja manajer SPBU untuk melakukan pengecekan. Dengan Nozzle Test Bejana maka akan terlihat apakah tepat 1 liter atau tidak. Kalau kurang dari 1 liter maka jelas ada kecurangan.”

Setelah terbukti ada kecurangan, para konsumen bisa langsung foto gelas ukur tersebut sebagai bukti dan silakan lapor/telepon ke pengaduan di (kode area) – 500 000 maka pihak Pertamina segera menindaklanjuti. Masyarakat tidak perlu takut untuk melaporkan setiap kecurangan yang terjadi di SPBU.

“Kami akan segera melakukan pengecekan pada SPBU tersebut sesuai dengan nomor SPB. Kami akan memberikan sanksi sesuai kesalahannya.  Mulai dari yang paling ringan yaitu peneguran berupa surat, pencabutan sertifikat Pasti Pas dan pengurangan pengiriman BBM ke SPBU pelanggar,” katanya. [dp/Res]

 

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. badru
    21 March 2017

    Mohon SPBU Pertamina di kecamatan Tanggeung Kab. Cianjur ditindak tegas, saya sebagai konsumen merasa kecewa karena setiap mengisi bensin saya selalu melihat petugas menjual premium ke pembeli yang membawa drum,,sedangkan konsumen lainnya tidak mendapatkan premium,ketika orang bertanya malah dibentak,,,,,,tolong ditindak tegas saya mohon

  2. badru
    21 March 2017

    Mohon SPBU Pertamina di kecamatan Tanggeung Kab. Cianjur ditindak tegas, saya sebagai konsumen merasa kecewa karena setiap mengisi bensin saya selalu melihat petugas menjual premium ke pembeli yang membawa drum,,sedangkan konsumen lainnya tidak mendapatkan premium,ketika orang bertanya malah dibentak,,,,,,tolong ditindak tegas

  3. Robert
    12 March 2017

    Mohon SPBU Pertamina di Jabodetabek Swasta kode 34. Agar sering di awasi dan di kalibrasi. Karena saya sudah isi bensin Pertalite dan Premium beberapa tempat, seperti POM Bensin Pertamina kode 34 Pangeran Jayakarta, Rawamangun, Pondok kopi, dan Jalan Baru Pondok kopi bekasi. Karena saya isi bensin literannya tidak benar dan banyakkan angin yang keluar waktu mengisinya.

  4. Putra Ardiansyah
    12 March 2017

    SPBU Jl. Perintis Kemerdekaan (Binjai Kebun Lada) Sumatera Utara

    Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakattu
    Selamat Siang..
    Dengan ini saya mengadukan dan ingin secepat ny petugas yg terkait segera ditindak lanjuti.

    Saya sangat kecewa dengan pelayanan pegawai ny.
    Peristiwa ini terjadi pada hari Sabtu, Tanggal 11 maret 2017.
    sekitar pukul 12:17 wib, saya sempat singgah untuk mengisi bbm di SPBU jl. Perintis Kemerdekaan kebun lada binjai, Sumatera Utara.
    Dengan mengendarai speda motor berboncengan dengan istri dan anak saya.
    Saya sempat adu mulut dengan petugas tersebut.
    Saya dilayani oleh petugas pom bensin wanita, saya lupa nama ny, akan tapi yg saya masih ingat, petugas yg melayani saya seorang wanita dan saya sempat melihat nama yg tertera di baju dinas petugas tersebut yg ia kenakan bermarga/boru lubis.

    Begini kronologi ny:
    Saya berniat untuk mengisi bbm dengan nominal Rp.23.000 dan meminta agar petugas tersebut menggunakan speed 1.
    Akan tapi petugas wanita tersebut tidak mengindahkan permintaan saya, dan langsung mengisi bbm ke tangki speda motor saya, dia malah berkata dan membentak saya sok tau x kau, kau fikir aku ini tolol, sama aja itu (membilangkan tentang speed 1,2,3) yg ada di nozel tersebut, berkali2 petugas wanita tersebut membentak dan memaki2 saya, spontan saja anak saya yg sedang tertidur dipelukan istri saya pun kaget dan terbangun ketakutan.
    Dengan sangat emosi saya pun balik marah dan balik membentak petugas wanita tersebut.
    Saya bertanya dengan nada kesal kepada petugas wanita tersebut, jika memang sama kenapa ada speed 1,2 dan 3?!!
    Petugas wanita tersebut tidak menjawab pertanyaan saya dan malah memaki serta membentak saya.
    Singkat cerita, petugas wanita tersebut malah mengusir saya ketika saya hendak pergi meninggalkan SPBU tersebit, dia berkata “pigi kau sana, kau laoprkan sama polisi, gk takut aku”
    Dan tak lama petugas wanita tersebut mengusir saya, terdengar juga suara petugas pria menlontarkan kata-kata yg sama.

    Nb: Menurut anda, pantaskah seorang petugas SPBU melayani konsumen ny seperti itu?!!

  5. Albert
    11 March 2017

    Selamat malam
    Dengan ini saya ingin mengadukan ada kecurangan di spbu pertamina cengkareng kapuk kamal lampu merah putarran,saat saya mengisi bahan bakar sepeda motor pertalite seharga Rp.12.000 saya melihat ada kesengajaan karyawan pertamina yg nakal dengan mengisi bahan bakar sampai luber keluar tangki bensin saya,banyak korban di curangi di isi bahan bakar sepeda motor smpai luber keluar tangki bensin nya.mohon di berikan sanksi agar tidak ada banyak korban yg dicurangi oleh oknum karyawan spbu yg nakal dengan mengurangi bensin coustumer.
    Sekian dan terima kasih..

  6. Nasrul
    24 February 2017

    Selamat Pagi,
    Dengan ini saya mau mengadukan kecurangan SPBU yang berlokasi di Kelurahan Kudaile tepatnya di depan RS ADELLA SLAWI yang di alami istri saya,karena pada awal tidak menunjukan angka 0 dan ketika diminta struk beralasan mesin rusak.

    Kronologisnya dari istri:

    sabtu 18 Februari 2017 sekitar jam 5 sore sepulang kerja, seperti biasa saya isi bensin di SPBU tersebut, karna lokasinya yang tidak jauh dari tempat kerja. Masuklah saya ke pom bensin tersebut, sebelum berhenti dari jauh saya sudah dikode petugas SPBUnya untuk masuk ke jalur PERTAMAX yang sebelah kiri yang kosong. Padahal dijalur sebelah kanannya waktu itu ada sekitar 3 sampai 4 motor yang antri. Seperti biasa saya menunggu antrian karna petugas jalur kanan kiri cuma ada 1 orang. Otomatis bergantian dan terjadilah percakapan
    Petugas SPBU = Isi berapa mba?
    ( posisi petugas SPBU waktu tanya itu lagi ngisi bensin motor jalur disebrangku
    Saya = 26 ribu mas
    Setelah ngisi motor yang disebrang itu petugas SPBUnya langsung menuju motorku dengan masih memegang selang yang habis dipakai tadi. Posisi waktu itu tanki bensin udah tak buka dan langsunglah dimasukkan selangnya dan mulai ngisi tuh di motorku. Loh saya bingung kan dan tanya mas..mas.. kok kilometernya atas bawah tidak ada yang jalan yah??? Padahal jelas jelas petugas SPBU lagi ngisi motorku.
    Petugas SPBU = Kalau mau liat kilometer disebrangnya mba, motornya ditinggal aja, mbanya liat sendiri kilometernya.
    Saya = Langsung meninggalkan motor dan liat kekilometer sebrang motor. Tapi pas aku liat itu kilometer memang bener berhenti di angka 26 ribu. Setelah selesai dan bayar, terus saya tanya lagi mas..mas..Saya tahune masnya isi bensin mulai dari nol gimana???? orang mas nya tadi langsung nyelonong aja waktu ngisinya.
    Petugas SPBU = Ora percayanan temen sih mba (tapi dengan nada tinggi) Aku aja langsung kaget masnya bilang gitu dan otomatis konsumen yang berada di sebrangku itu pada ngeliatin aku semua. Saya nya langsung diem waktu itu. Ya udah wis mas gini aja saya minta struk notanya aja kalo gitu.
    Petugas SPBU = printnya lagi rusak mba.
    Saya dah dongkol waktu itu, cuma akhirnya saya meninggalkan pom bensin tersebut dengan pikiran positif thinking aja wis. Mungkin beneran lagi rusak. Begitu motor jalan, saya baru ngeh..loh koq saya isi bensin segitu biasanya di kilometer motor garisnya sampai penuh, ini masih kurang satu garis. Jadi keingetlah semua kejadian waktu dipom bensin itu.
    Hari senin saya ceritalah kejadian itu ke temen kantor. Dengan maksud Supaya jangan sampai ada temen temen yang diperlakukan seperti saya kemarin.
    Begitu selesai cerita, Astaghfirullahaladzim ternyata temen satu kerjaan seminggu sebelum kejadian sama saya, ternyata pernah juga mengalami hal yang sama, dipom bensin yang sama pula. Cuma bedanya temenku waktu itu cuma diem aja, dia juga awalnya heran, bisanya isi bensin sebelah kiri, koq selang sama kilometer malah berada disebaliknya. Otomatis donk dia tidak tahu juga mulai dari angka berapa dan berhentinya berapa. Dia curiganya juga sama kaya saya pas jalan, loh bisanya saya isi bensin sekian koq di garis motornya cuma naik sekian.
    Seumur umur saya kerja kurang lebih 9 tahunan bolak balik Slawi – Dukuhwaru apa Kabunan baru pernah isi bensin kaya gitu.
    Biasanya kalau kilometer di SPBU rusak apa bensin habis kan, biasanya petugas SPBU nya taruh drum kosong atau apa di jalur tersebut. Atau kalau misal udah ada orang yang dah terlanjur masuk dijalur tersebut, pasti sama petugasnya disuruh pindah dijalur lainnya atau yang tidak rusak.
    Dan biasanya di SPBU SPBU lain pernah lihat ada tulisan laporkan petugas kami yang tidak menunjukan angka nol mulainya ya kalau tidak salah.
    Aku share disini sebenernya tidak ada maksud apa apa, karna banyak inbox an yang masuk dan temen temen yang pada pengen tahu akhirnya aku share disini intinya cuma buat perhatian aja.
    Dan pastinya bukan kesalahan SPBUnya Juga, cuma karna ulah oknumnya aja yang membuat kepercayaan konsumen hilang setelah kejadian itu, dan bukan nilai nominalnya juga yang saya permasalahkan, tapi perlakuan tidak menyenangkan aja yang bikin aku inget sampai sekarang.

    Mohon untuk pihak Pertamina SEGERA mengambil tindakan karena ternyata tidak hanya istri saya saja yang mengalami hal tersebut.

    Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

  7. Paul R
    2 December 2016

    Selamat Siang,

    Dengan ini saya mau informasikan dugaan penipuan / ketidak sesuaian takaran bensin yang keluar di salah satu SPBU Shell.

    Lokasi SPBU:

    Shell Pos Pengumben-2
    PD Tri Mitra Utama
    Jl. Joglo Raya

    Pompa No 2. dengan transaction # 402172 pada tanggal 29/11/2016

    Kronologis:

    Saya isi bensin dengan status gage bensin berada di tengah antara 1/2 dan 3/4 tangki. Setelah di isi jumlah bensin adalah 55.42L

    Hal tersebut sangat tidak mungkin soalnya tangki saya di 90L dan 1 hari sebelumnya saya isi full dengan status gage bensin sudah menyala dan tertera range di komputer tinggal 10Km lagi sebesar 88.91L di SPBU Shell fatmawati-1.

    Dengan ini kuat dugaan saya bawah pompa no.2 ini tidak benar dan terjadi kesalahan yang di sengaja. ( Hal tersebut dikarenakan pada saat saya tegur operatornya semuanya memberikan kesan panik dan binggung, adapun sampai saya minta untuk bicara dengan managernya susah sekali. Nomor ID pompanya pun di bilang tidak ada padahal sesuai undang2 yang ada harus ada nomor ID agar apabila ada sertifikasi takaran dan uji2 lain bisa keluar sesuai ID pompa)

    Perlu di ketaui bawah saya tinggal di daerah joglo dan biasanya tidak pernah ada masalah saat isi bensin, namun kali ini yang telah di isi di atas batas yang wajar dan masuk akal dengan isi tangki dan kapasitas tangki.

    Mohon agar masalah ini di selesaikan sambil saya melaporkan ke pihak yang berwajib lain.

    Saya sekalian kirim scan struck untuk transaksi ini.

    Terima kasih.

  8. Joni
    2 December 2016

    Apakah sudah bisa dipastikan hanya SPBU yang curang, tidakkkah ada pemikiran kemungkinan lain sebab musabab kecurangan tersebut, jikalau memang terjadi kecurangan.

  9. syahdiana
    24 November 2016

    Pada tgl 23/11/2016 sekitar pukul 10.15 saya mengisi bbm pertamax Rp.10.000 di pom bensin SPBU 34.15201 di jalan raya ceger raya pondok aren,tapi saya liat di mesin digital baru di angka sekitar 7000 petugas sudah menetral kan angka nya dengan menekan tempat menyimpan platuk selang.melihat hal seperti itu saya langsung tanya petugas nya dengan meminta struk nya,petugas malah mengasih saya struk dengan nilai Rp.15.000 dari transaksi orang lain.saya tegor untuk meminta struk transaksi saya,petugas nya tidak memberikan struk itu dengan alasan mesin struk rusak…..”kalo memang rusak kenapa transaksi orang kok bisa keluar struknya”.kejadian ini sudah 2 kali saya alami ,mohon pihak terkait untuk menindak lanjuti pelayan di SPBU 34.15201.terima kasih.

  10. Ogek
    16 November 2016

    Salam, saya dan khususnya masyarakat Kota Subulussalam – Aceh Kecamatan Simpang Kiri Desa Subulussalam Utara. di mohon dgn hormat kpd pihak Pertamina supaya SPBU yg letaknya Desa Subulussalam UtaraKecamatan Simpang KiriKota Subulussalam – Aceh yg selama ini kurang Optimal dalam pelayanan dan komplek SPBU yg amburadul apa lagi MCK (WC) yg ga jls dan pada saat pengisian petugas krani nya slalu kocok pompa. terima kasih

  11. lintang
    29 October 2016

    saya hanya sekedar mengimformasikan bahwa banyak SPBU yg berlaku curang.
    seperti SPBU yg ada di malang tepatnya di desa wates gondanglegi.
    bahan bakar di dapat dari para sopir mobil tangki yang curang yang sengaja berlaku curang mencuri bahan bakar punya pemerintah dan dijual sendiri ke SPBU yang mau menampungnya.
    kalau itu semua tidak segera di tindak lanjuti maka akan sangat merugikan pemerintah.
    mohon segera di tindak lanjuti dan memberikan sangsi kepada SPBU tersebut biar jera dan tidak merugikan pemerintah.terimakasih.

  12. vical novian
    26 October 2016

    saya pelajar asal bekasi tapi saya sekolah di jakarta timur. saya mengendarai sepeda motor.. pada hari rabu 26 oktober 2016 saya berangkat pagi pagi dan waktu itu dalam keadaan hujan,saya menuju pom Jl. Pd. Ungu Permai
    Kaliabang Tengah
    Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17125 untuk mengisi bensin dengan uang 100 ribu saya bilang kepetugas spbunya isi full dan itu fullnya sekitar 16ribu dan duit kembaliannya cuma 25ribu saja.. waktu itu saya tidak menyadarinya karna sudah buru buru menuju sekolah saya baru melihat uang saya waktu sampai sekolah.
    terima kasih
    lokasi pom bensin Jl. Pd. Ungu Permai
    Kaliabang Tengah
    Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17125

  13. Widi wijaya
    24 October 2016

    Tolong di tindak lanjuti.saya pedagan bensin eceran .dan saya setiap hari belanja di pom bensin bangkong reang..keluhan saya kalo setiap belaja 30 liter 1.jeliken di literan kembali kurang 2 liter jadi 28 tolong di tindak lanjuti meain pertalite yang khusus buat belanja pengecer.

  14. budi
    18 October 2016

    sore ini saya isi pertamax di SPBU taman surya depan lottemart sangat buruk pelayan nya…malas2an orangnya tolong di tindak tegas pelayanan nya..gak punya sopan santun..

  15. Wahyudi
    18 October 2016

    Mat siang.sy heran d setiap spbu pertamina.leder oprator y rugas y cuma jaga toilet nungguin kotak amal.masa kalah pelayanan y sm spbu luar.tolong lah d tertibkan masa pasilitas custamer msh aja byr.txt

  16. adie
    17 October 2016

    d bandung cibaduyut d pom dpan tvri pengurang bbm jngan terlalu d biarkan ntarnya jdi k enakan tolong segera d tindak makasih

  17. Iwan
    14 October 2016

    Pelayanan SPBU Bojonegoro tidak menyenangkan .. di salah satu SPBU saya mengisi bensin dengan uang 50 ribu , saya beli 20 ribu. Eh di isi 16 ribu uang kembalianya 32 ibu .saya coba diamkan eh dia nyantai aja

  18. xxxx
    11 October 2016

    Pagi ini saya dapat pelayanan yang buruk dri pihak SPBU ciceri Serang.. Karyawati atas nama WAROh tidak sopan… Sudah tau salah bkn ny minta maaf mlah nyolot..
    Mhon di tindak lanjuti karyawati tsb.. Krn saya slah 1 konsumen yang di kecewakan..

  19. ade rohmanudin
    8 October 2016

    Sy membeli bbm jenis solar d spbu 34-14105 jln cakung cilincing, takaran bukan kurang lg tp tidak ada isi yg masuk ke tangki mbil sy sy membeli 250.000 atw 48,54 litr tlng tanggapanya skrng sy masih d spbu tersebut

  20. xxxxaaa
    3 October 2016

    tolong di tindak lanjuti spbu malili di ds.puncak indah kec.malili kab.luwu timur provinsi.sul-sel dimana spbu tresbut lebih mengutamakan pengisian jerigen dripada melayani kendaraan umum.pengawas spbu tersebut an.nyoman menjual ke pengecer menggunakan jerigen mendapat keuntungan 200 rupiah perliter atau penjualan naik 200 rupiah dri harga standar.bahkan di duga takaran pompa hanya 0,9 ml.akibatnya pemerintah kewalahan mengatur subsidi karna ulah pengelolah spbu lebih mengutamakan melayani penimbun bbm yg menjual ke industri dan ke provinsi lain yg harusnx subsidi tersebut untuk masyarakt sekitar

  21. mhon d rahasiakn
    1 October 2016

    ktax SPBU dlarang mengisi jerigen tp d SPBU pahlawan terang2an ngisi jerigen smpai 35 jerigen /hr dan tdk tanggung2 solar dan premium SPBU pahlawan biasa hbis 1hr smwx hnya mngisi jerigen..itu jg ada pungutan liar bru bs isi jrigen 3000rb/jerigen jdi total pungutan uang jrigen SPBU pahlawan kdang smpai 3jt smpai 4jt an stiap bulanx..

  22. idul
    29 September 2016

    di jember tepatx sukowono serg ada pungutan liar…dan harus ada uang sogok bru bsa mengisi [drijen pengecer, spbu sukowono

  23. Ibnu wijaya
    18 September 2016

    Takran pombensin cinere tida sesuay takeran..

  24. setiatuhu
    17 September 2016

    Saya sangat kecewa pada spbu jl plumpang semper biasa isi fertamak dgn nominal 18.000 untuk motor roda dua ful tank ini samapai 28.000 ini sangat merugikan konsumen

  25. Andi
    10 September 2016

    Emank fasilitas toilet Pertamina itu harus bayar 2rb ya pak , Kan yg namanya SPBU itu kan buat tempat istirahat sejenak , ada yg mau ke toilet/istirahat . tolong donk pak ditegaskan

  26. Selfi
    9 September 2016

    Sama saya masa ngisi minyak pake jerigen uang isinya 10000/jerigen

  27. Ahmad
    6 September 2016

    Sudah dijelaskan di atas sistem prosedur pengaduan….. Tanpa bukti ora bisa boss… Cepe duehh..
    Suatu keuntungan untuk para oknum spbu untuk tidak diperbolehkan pembelian memakai jerigen.. jadi ga bisa keliatan secara langsung kurang atau tidak takarannya….pengecekan secara rutin pun ga bisa membendung kecurangan, kalau masih ada oknum petugas yg ngecek yg mau di sogok waktu ngecek…. Huahahaha percuma dipasang plang PASTI PAS kalau masih banyak di SPBU yg mengurangi takaran…. Indonesiaku makin hancur kalau begini…

  28. Rama
    27 August 2016

    Bagi Anda yang membutuhkan dana segar mendesak dan proses cepat dg jaminan BPKB mobil/Motor Anda LAYANAN NASIONAL.
    Visit : https://rajadanatunai.com/dana-tunai/
    Chat WA 085711665777

  29. benny
    25 August 2016

    saya harapppp pertamina tidak hanya membaca saja tp di respon dengan bijaķk …tx

  30. benny
    25 August 2016

    paa pertamina mohon di Cek POM bensin di daerah kalimalang saya lupa nama jalan nya..tapi yg saya ingat saya habis keluar grand wisata tambun saya lewat MCDonal saya ke kiri arah bekasi timur…saya menemukan POM bensin pertama sehabis belok ke bekasi timur..disana POM nya saya rasa melakukan kecurangan pa..karna saya isi kendaraan bbm 150rb cuma dapet 2 kotak mobil saya avanza pa..mohon ditindak lanjuti pa pertamina supaya adil saya sebagai masyarakat trimakasih..mohon dibantu

  31. Zolla
    25 August 2016

    Tolong untuk SPBU Kebayoran lama di cek.. Terutama yg depan ATM tadi saya mengisi pertamax, isi 20 rb biasanya kalau jarum penel kurang dari setengah dgn 20rb saja sudah penuh, ttp tadi tidak kurangnya lumayan satu garis buku jari…tolong sekali lagi diperiksa…Krn merugikan banyak orang. Terima kasih

  32. novi candra bayu
    24 August 2016

    Tolong untuk di selidiki spbu 54.803.08
    Jln raya kapal
    Denpasar_bali
    Karena telah terjadi kecurangan saat pengisian

  33. ismail
    21 August 2016

    Tolong pihak migas POM BENSIN di daerah cibanteng kab. Bogor segera d periksa untuk takaran nya yg kurang, saya sering beli bensin untuk dijual lagi, tapi takaran nya tidak pernah pas setiap saya mengisi 60liter kurang nya 3 liter, dan banyak para sopir angkutan umum mengeluh karena takarannya yg kurang, mohon agar segera d tindak lanjuti, terimakasih.

  34. Sendi
    18 August 2016

    Spbu jl.kapas krampung pada tgl 17-08-2016 jm 19:30 pelayanannya tidak memuaskan dan tidak ada tanggung jawab dalam pekerjaan,waktu itu saya mau beli premium tp saya tanya dulu sama bapak security dan spv di sana dan meraka menyuruh saya untuk antri d antrian ada tulisan premium dan pertamax,di saat saya mau isi motor saya kata masnya ini antrian untuk pertalit saja,y udh saya pergi dari antrian dan menanyakan kepada securty dan spv area td,mereka menjawab boleh…..
    Dan trus saya mintak solusinya pada spv area?malah di suruh antri panjang lagi dan tidak enaknya lagi di tinggal pergi begitu saja sama bp. Spv

  35. Adi
    13 August 2016

    54. 602. 64
    Spbu jalan panjang jiwo surabaya, ditindak untuk meter pertamax speed 1, dibilang rusak. Harus pakai speed 2
    Sy akan mengirim foto spbu tersebut melalui email..
    Saya masuk masuk kantor.. Trus keluar dan langsung balik masuk…
    Eee, kepala sama bawahan malah ketawa…, dia berhenti setelah saya masuk…, saya curiga spbu tersebut…
    Yang pasti dia ketahuan curangnya…
    Tolong kabari kami bila pertamina pusat ke spbu tersebut.
    Agar saya mengetahui bila sudah ditindak ..

  36. Adi
    13 August 2016

    Spbu jalan panjang jiwo surabaya, ditindak untuk meter pertamax speed 1, dibilang rusak. Harus pakai speed 2
    Sy akan mengirim foto spbu tersebut melalui email..

  37. anwar
    11 August 2016

    Mohon di tindak lanjuti utk SPBU yg curang d daerah bekasi kabupaten,tepat nya d jln.babelan muara…sering x saya mengisi bbm tapi takaran nya tidak pas…serta masih saja setiap hari banyak yg membeli pakai derign…SPBU sdah bnar2 meresahkan.

  38. Mutia
    10 August 2016

    Maaf pak tdi pgi saya isi pertamax di daerah utan kayu,jln bay pas.sya isi full hanya 17.200,sya ksih uang 20rbu,tp knapa kembaliannya hnya2rbu.hmpir dsetiap SPBU seperti itu pak,percuma maskotnya PASTI PAS,tpi byarnya lebih.byangkan saja pak 200 di kali berapa rbu orang yg isi.untungnya brpa jta pak dlm 1hri smua SPBU.tlong lah pak di TINDAK LANJUTI pak.agar TIDAK bertambah PARA KORUPSI dinegri kita.

  39. Agus setiawan
    9 August 2016

    Tadi pagi, ke SPBU jetak, Bojonegoro dan mengisi fulltank motor saya dengan pertamax,.
    Tapi Harga dispeedo bandronya gak masuk akal. Masak saya isi 11,56L speedo bandrolnya kok 100.250,..
    Pdahal harga pertamax di jatim, agustus2016 Rp.7.450 / liter.
    Harusnya, 11,56 x Rp.7.450 = Rp.86.122. Tapi speedo bandrolnya kok nunjukin Rp.100.250,.. Kan aneh
    Bagi yang berwenang, tolong itu dicheck SPBUnya .. #Terimakasih

  40. Asep m
    6 August 2016

    Met pagi ..hari ini saya mendapat kejadian tdk menyenangkan di pom bensin sawangan permata buana, saat saya isi dengan nilai Rp 150,000 mendapat 22.4 liter premium.. dantangki harus nya penuh ..karena sdh biasa ….tetapi tadi saya isi didapat kurang yang banyak sekali…saya protes kepada manajement ..mereka berdalih dan beralasan display tdk terlihat silau oleh matahari, menyalahkan alat ukur tangki mobil saya.. mobil saya keluaran 2014 …mana mungkin bisa rusak dan terawat baik…saya bisa pastikan yg diisikan hanya 10 literan ..saya mohon pihak yg berwenang untuk menindak tegas oknum pom tersebut…saya sangat kecewa …

  41. pertamina pauh kaba
    5 August 2016

    Ass.m.m. pagi sejatara pertamina .saya di ingin melapor bahwa pertamina asal sumatra barat.ya itu di pertamina padang periaman ya itu pertamina pauh kaba .keluahan saya yaitu mengapa motor di tidak bisa mengisi premium.padahal premium ada hanya mobil yag bisa ngisi .premium tolong tindkan nya

  42. Darren Kusuma N
    23 July 2016

    SPBU 34-13307 yg berada di jl. Jatinegara saya merasa dirugikan karna spbu tersebut melakukan kecurangan dalam literannya, kepada pihak Pertamina saya mohon agar mengecek takaran liter di spbu tersebut jika terbukti melakukan kecurangan dalam takarannya agar dikenakan sangsi. Terima kasih

  43. sisca
    23 July 2016

    selamat malam pa, sebelumnya saya mau bertanya, apakah opetator SPBU juga bisa mengadu disini? kalo boleh saya ingin sedikit mengeluh. Saya salah satu operator SPBU yang mewakili teman-teman saya, ingin bertanya sekaligus memberitahu, bagaimanakah aturan jam kerja yang berlaku di SPBU khususnya (swasta)? mohon dijawab bapak?..
    Mulai dari jam kerja? jam istirahat? dan upah minimium yang berlaku?
    karna di SPBU saya akan diterapkan kerja 12 jam dalam 1 hari, berlaku dari jam 6 pagi s/d jam 6 malam, begitu pun sebaliknya, dan berlaku untuk perempuan. Dengan upah yang sama.
    Apakah hal ini berlaku sewajarnya atau tidak?
    Terimakasih pa.

  44. Prasetyo Pribadi
    21 July 2016

    saya sering melakukan perjalanan dari jakarta ke Jepara dan beberapa kali melakukan pengisian BBM di daerah Tegal Kudus dan Jepara. BBM yang saya gunakan kadang Pertamax Plus kalau lagi pakai mobil mesin Bensin dan kadang mengunakan Pertamina DEX kalau lagi menggunakan mobil Diesel., yang menjadi pertanyaan adalah untuk kedua BBM tersebut sangat terasa rendah kualitasnya karena suara mesin bensin saya jadi terasa sangat kasar dan apabila pakai diesel tarikan mobil jadi lebih berat pada saat menginjak pedal gas…. Apakah pertamina senantiasa melakukan monitoring terhadap SPBU disepanjang Pantura sehingga kualitas BBM yang dijual tetap terjaga ….

  45. adhe
    21 July 2016

    Saya tadi isi pertalite 10rb tapi dia bilang uda diisi,tp tangki motor saya kosong mohon ditindak operatornya dijln di panjaitan sebelah telkom prumpung

  46. Adi
    19 July 2016

    @SPBUPertamina . hari ini pukul 23.35 wib..saya isi bensin 54.6011.01. jl.banjar sugihan surabaya mengisi bhan bakar pertalite 10 rb dg uang 20rb..jelas2 saya melihat angka rupiah cuma 5rb dan angka ltr nya cuma 0,67… Dan saya diberi kembalian cuma 10 rb Saya sengaja diam biar pegawai tsb sadar ..tp jg tidak sadar saya negur pegawi itu..mas kg cuma di isi 5rb dia ngotot ngisi 10rb udah smpe saya perlihatkan spidometer..dia tetap ngotot saya yg disalahkan ..karna gg diperhatikan..akhirnya dia mengembalikan sisa uang 5 rb lagi smbil marah2 ke saya..bukanya minta maaf…besok saya akan foto dia dan akan saya masukan surat pembaca biar tahu jangan semena mena

  47. ihsan
    13 July 2016

    Spbu 3415702 cikupa tangerang dsa bojong.membuat bon printer dan d perjualbelikan.tlong pak tindak lanjut ny trimakasih

  48. sofyan Setiadi
    13 July 2016

    SPBU 34-11405…
    jln.palmerah utara raya no.56.
    tolong segera dicek.
    saya tadi sore isi premium 100.000 biasanya di pom lain naiknya 2strip…tapi dipom ini cuma naik 1 strip aja…mohonnnn di cek,trims #pertamina

  49. Aldi
    12 July 2016

    Spbu pertamina jln. nasution , bandung dekat smpn 17
    Haduh pegawainya ga jujur , saya isi 15 ribu , uangnya 5 ribuan , saya sengaja lebihin 5 ribu , jd 20 ribu kan , eh gada niat balikin atau apa , dasar
    Banyak kasus tuh di situ , dan pegawainya ga ramah ramah

  50. yoni
    8 July 2016

    Saya sangat kecewa dan marah ternyata ada modus kecurangan baru di spbu di daerah dekat setrasari bandung ada satu karyawan melakukan kecurangan baru saya beli bbm pertamak. Dan saya di suruh ke tempat ke sebelah nya tempat premium jadi saya gak bisa lihat angka dan harga nya dan saya beli pertamak. 15 ribu. Biasa ter isi penuh kemarin gak jauh banget sedangkan saya gak pernah biarkan bensin saya kosons ada sisa 3 strip lagi dan saya harus bayar 15 ribu tolong donk tindak lanjuti karyawan nakal itu dia melakukan korupsi. Dan tidak jujur

  51. deni mariyana
    6 July 2016

    pemudik merasa kecewA,karena dipermainkan oleh warga dan pihak pertamina,kami tidak segera di layani,sedangkan warga bolak balik beli pake drigen,agar kami khbisan bensin dan masu gx mau beli diwarga

  52. Harianto Berutu
    5 July 2016

    SPBU NASIONAL SIDIKALANG NO. 14.222.243 Jl. Sisingamangaraja KAB. DAIRI SUMATERA UTARA TOLONG SEGERA DI CEK.
    Tadi Sore Petugas SPBU Ngamuk2 An. Tetty Rajagukguk saat ditanyai soal Meteran Gelas Ukurnya, Dimana sebelumnya saya heran Mobil Innova saya masih berisi setengah lebih sebagaimana pada spedo meter, lalu saya isi full dan saya dikenakan Rp. 330.0000,- (Tiga ratus tiga puluh ribu rupiah).
    sementara selama ini pd saat ress sekalipun saat isi Full tank hanya pernah Rp. 320.000,-.
    Sy coba cari manajer SPBU tersebut tapi tidak berada ditempat.

  53. Dony
    29 June 2016

    Tolong cek pom bensin dipasar minggu sebelah indo mobil,semalam sy isi bensin jenis pertailte biasanya sy isi bensin motor saya full hanya 24-25rb saja ini saya dikenakan 28rb.sy mohon ditindak lanjuti sebelum memakan korban penipuan sy sudah katakan kepada petugas tetapai dia ngotot kepada saya.sekali lg mohon ditindak lanjuti dengan tegas.tx

  54. ndang
    27 June 2016

    sangat berharap adanya pemeriksaan di.pom bensin sukasari,.

  55. Rickson
    25 June 2016

    Saya sangat mengharap adanya pemeriksaan di SPBU 34.164.14 yg beralamat di samping pasar Pucung Depok karna sudah terlalu sering melakukan kecurangan sy harap Bapak yg berwenang tdk hanya pencitraan trims

  56. taufiq cool
    19 June 2016

    apa saja hak” konsumen sepeda motor di Spbu……?
    berapa menit yg lalu saya berniat ngisi motor saya dengan bahan bakar pretalite di sebuah SPBU di wonosobo.
    saat itu antrian ada 5 motor di prelatite dan 2 motor di pretamak dan yg bikin saya kesal petugas SPBU itu malah melayani seorang yg membawa 3 buah jligen…..para pengendara motor pun sesaat binggung sampil pastinya merasa sangay kesal…belu lg mengenai angka bulat….400rp/100rp konsumen harus membulatkan…contah yg harus di bayar 6600Rp kenapa konsumen di minta 7000…
    mohon di tindak lanjuti

  57. Zihan
    9 June 2016

    Selamat sore kpd pihak terkait pengaduan masyarakat, saya mewakili seluruh masyarakat sekitar kecamatan babakan-pabuaran cirebon kode pos 45191 disini ada kecurangan oknum nakal petugas SPBU yg setiap pengisian bensin selalu kurang dr angka nominal yg kita beli juga dalam pengisiannya selalu di tekan2 keran selangnya sehingga sbg konsumen kami kerap di rugikan. Mohon di tinjak lanjuti dgn tegas. Terimakasih . Alamat SPBU PERTAMINA jln. Babakan-pabuaran kab. Cirebon

  58. cipay
    8 June 2016

    tolong kepada pihak prtamina pusat.coba cek spbu yg ada di kecamatan bayah.krena agak sangsi klo ngisi bensin di spbu bayah.

  59. Kubil
    8 June 2016

    Saya si cuman mau pertanyakan apa mahal alat print nota di SPBU. sampe- sampe SPBU karang Mulya dekat komplek metro permata celedug .ga bisa beli tu alat.klo bisa ya nota tulis ke.sampe- sampe nota tulis aja ga ada.

  60. ipang
    8 June 2016

    Tolong di tinjau Pertamina” yang berada di area Sulawesi tenggara , terutama Pertamina” yang berada di kota Kendari , karena menurut saya sebagai konsumen ada beberapa Pertamina yg bermain curang

  61. andi setiawan
    7 June 2016

    Selamat malam pertamina,saya merasa dirugikan dan masyarakat setempat karna spbu maruga pamulang 2 tangsel yg curang dengan takaran yg tidak sesuai,saya biasa isi premium setiap hari di spbu parakan pamulang 20rb selalu penuh tapi setelah coba isi di spbu maruga ko hanya setengah.Tolong di cek dan di berikan sanksi tegas.Trms

  62. eko
    3 June 2016

    ..pak tolong di cek spbu pesanggaran dekat lampu merah benoa,di sana kalau malam untuk pengisian premium untuk motor kurang pas sama nominal yg tertera di layar, biasanya untuk melihat angka nominal nya di tutupi karyawan spbu, soal nya saya sudah sering ngisi di sana,terima kasih pak

  63. Shandy
    3 June 2016

    SPBU 34.413.45 KM 42 Rest Area Karawang Dengan hormat, Saya ingin menyampaikan pengaduan perihal petugas SPBU yang kerap berbuat curang untuk mendapat tambahan penghasilan di SPBU tersebut di atas. Mereka kerap menjual struk solar dex kepada mobil mobil pengangkutan barang (kebetulan waktu itu yang saya saksikan adalah mobil truk bulk yang saya sendiri tidak tahu mengangkut apa,karena mobil mereka putih polos. Saya pernah menyaksikan dua kali ketika saya mengantri dua mobil di belakang mereka. yang saya ingat yang terakhir yaitu tanggal 01 Juni 2016 sekitar pukul 20.00. sopir angkutan tersebut turun dan berbicara dengan petugas pengisian. setelah saya lama menunggu,tibalah saya mengisi.dan saya coba tanya ke petugas tersebut. terus terang supir angkutan termaksud menghambat antrian karena kepentingan nya. dari pemaparan petugas pengisian,saya mendapat keterangan: sopir tersebut mengisi solar dex dengan nominal 100rbu,tetapi di struk mereka meminta d ganti dengan kisaran jatah solar mereka, misal 100 liter dengan jenis solar dex. cukup dengan membayar RP.50rbu mereka bisa mendapat struk solar dex sesuai dengan jatah solar mereka. mereka cukup membayar 150 rbu bsa mendpatkan struk dex dengan jatah 100 liter,padahal mereka hanya membeli 100rbu saja. dari pemaparan petugas pengisian tersebut juga katanya mereka kadang melayani mobil2 angkutan tonase besar membeli solar biasa yang kemudian d struk d tulis memakai rincian solar dex.saya tidak bermaksud apa apa, saya hanya merasa terhambat karena mengantri menunggu sopir trsebut bertransaksi struk dengan petugas yang memang sepertinya sudah biasa dan sudah bisa diajak negosiasi. saya harap bisa di tindak lanjuti guna kenyamanan pelanggan lain yang harus mengantri lama. saya hanya pelanggan yang merasa terhambat, tidak ada maksud melaporkan para pekerja pengisian tsb mencari uang tambahan. Sebelum nya saya ucapkan terima kasih

  64. jajang
    29 May 2016

    Mohon di tindak lanjuti motor sy mogok di jalan sy beli premium senilai 10000 perak pake plastik dan oprator bilang maaf pa tidak bisa melayani pembelian pake plastik jd tidak mungkin sy dorong motor sy dengan posisi jauh sy bertanya apakah tidak di perbolehkan beli pake plastik bukan jrigen yg cuma 10rb perak tolong di tindak lanjuti spbu tsb jl.otista kec.rarogong kaler kab.garut jawa barat

  65. Handi
    20 May 2016

    Pada tgl 20/5 2016 saya isi bensin di SPBU deket perempatan pesangraan denpasar bali tergolong SPBU baru dan karyawan nya baru pakai hitam putih…saya isi pertamak 25 ribu….pada saat meteran harga masih menunjukan angka 16 ribu tiba2 ditekan salah satu tombol dan lsg angka clear ke 25 ribu…..pada saat sy tanya karyawan yg pakai baju hitam putih cuma belagak g tahu dan bengong….mohon ditindak lanjutin kecurangan yg ada di SPBU ini….

  66. pak jamil.
    14 May 2016

    Mhn izin lapor pak, SPBU 34.17521 di Jl. Diponegoro no.4 tambun selatan bekasi menjual gas 3 kg dg harga 17.000,-/tabung, sy protes petugasnya malah ngomel. Kami pedagang/ warung sgt kberatan, jd mhn peehatiannya pak, mksh sbelumnya.

  67. Dinda
    13 May 2016

    Saya mau buat pengaduan kepada spbu di daerah pondok pinang kode spbu 34-12213 agar lebih aware pada saat mengembalikan kembalian ke customer. Saya isi bensin pd hr jumat, 13 mei 2016 pukul 18:21 saya isi pertamax 10.000 uang sy 50.000 pd saat selesai isi mas nya hanya blg makasih saya lupa utk minta uang kembalian stelah sy mau makan sy baru ingat uang kembalian blm d kembalikan pd saat isi bensin, lalu sy kembali lagi ke spbu tsb dan petugas spbu hanya blg setoran mreka pas gak ada lebih sm sekali stelahd cek ulang hanya lebih 29rb dan sy hanya d kembalikan sebesar 20rb. Kalau spt ini saya yg rugi sy yg malah harus nalangin tombokannya kesalaha petugas spbu tsb. Sy minta penjelasan dan bentuk tanggung jawabnya.

  68. hendra
    6 May 2016

    Petugas spbu di kecematan pulau derawan kampung tanjungbatu tolong di periksa krn sangat merugikan pelanggang..sdh berapa kali saya ngisi bbm tapi harga yg harus sy bayar tidak pernah saya lihat langsung tapi cuma di sebutkan aja jumlah yg saya harus bayar.karena jumlah harga yg pelanggang harus bayar di tutup terpal dan hanya di intip saja.dan malah yg bertugas sebagai pengintip harga bukan prtugas spbu tapi seorang pengusaha di kampung ini.dan di prioritaskan pengisiaan ke jergen daripada ke kendaraan bermotor jadi tolong pihak pertamina menanggapi secara serius

  69. Ahmad suhaimi
    27 April 2016

    SPBU Kopkar Pabatu beralamat di jalan gatot Subroto Km 4 Tebing Tinggi Sumatera Utara

  70. ahmadsuhaimi
    27 April 2016

    kepada yth kepala Pertamina,Saya sering melihat SPBU KOPKAR Pabatu yang di sewa Oleh orang Pribadi ( namanya NIKO ) mengisi BBM Solar maupun bensin Dengan memakai jerigen dikutip Rp.2000.- per jerigen yang parahnya jerigen itu sampai sepuluh jerigen kadang mau lebih..dan masyarakat juga curiga terhadap literannya kemudian gaji para pegawainya di bawah UMR juga pengusaha SPBU ini bertindak semena2 terhadap 3 orang karyawannya yg di berhentikan secara sepihak terhadap karyawannya yang sudah satu Tahun bekerja hanya gara kesilapan bukan disengaja,saya sebagi masyarakat merasa prihatin terhadap masalah ini.mohon di tindak lanjuti terima kasih

  71. ronald yudi
    6 April 2016

    Sudah beberapa kali saya mengisi bbm di SPBU Pertamina – 54.671.10 Jl. RA. Kartini Latek, Pasuruan, Jawa Timur untuk pelayanan yang buruk tidak ramah tamah dan kurang senyum sebagai mana itu sebagai peraturan karyawan spbu, dan jugak sering mendahulukan pengisian bbm di jerigen dari pada pengisian di kendaraan motor atau mobil yang menganti lama dan panjang.
    Saya sebagai konsumen mohon untu ditindak lanjuti
    TERIMAH KASIH

  72. hermawan
    16 March 2016

    Kepada yth pimpinan pertamina indonesia. Tolong di tindak lanjutikecurangan yg telah di lakukan SPBU 34-14207 semper jakarta utara. Sy merasa di rugikan dengan kecurangan takaran/liter yg di lakukan SPBU tersebut. Dan operator nya pada ceroboh sering kali melakukankan salah isi bbm termasuk mobil saya korban nyaperlu dan aneh nya tidak ada pertanggung jawaban dari pihak SPBU 34-14207 tersebut. SPBU 34-14207 tidak pernah melakukan uji ulang takaran/liter. Saya harapkan agar SPBU 34-14207 Di tindak lanjuti dan di beri sangsi atu penutupan bila perlutersebut. Sekian dari saya trimakasih ( MOHON DI TINDAK LANJUTI) dan di beri sangsi yg tegas saya menunggu hasil nya.

  73. hermawan
    16 March 2016

    Kepada yth pimpinan pertamina indonesia. Tolong di tindak lanjutikecurangan yg telah di lakukan SPBU 34-14207 semper jakarta utara. Sy merasa di rugikan dengan kecurangan takaran/liter yg di lakukan SPBU tersebut. Dan operator nya pada ceroboh sering kali melakukankan salah isi bbm termasuk mobil saya korban nyaperlu dan aneh nya tidak ada pertanggung jawaban dari pihak SPBU 34-14207 tersebut. SPBU 34-14207 tidak pernah melakukan uji ulang takaran/liter. Saya harapkan agar SPBU 34-14207 Di tindak lanjuti dan di beri sangsi atu penutupan bila perlutersebut. Sekian dari saya trimakasih ( MOHON DI TINDAK LANJUTI)

  74. Victor
    23 February 2016

    Spbu cinere persis depan polsek cinere yg arah ke mall cinerini.spg cw berjilbab. Stand spbu paling ujung.tolong untuk diberi peringatan untuk karyawan yg satu ini.pelayanannya sama sekali tidak sopan.sangat2 mengecewakan.nyuekin pelanggan.tampang wajah asem.sombong..saya sangat kecewa sampai saya tinggalin untuk tidak jadi mengisi premium di spbu itu..

  75. bella
    22 February 2016

    Saya ibu BELLA dari papua tepatnya di jayapura… saya ingin mengadu tentang kecurangan agen minyak tanah kemana? Setiap kepala keluarga dapat jatah hanya 2 gen 5 literan dengan harga @20.000 /gen tidak bisa lebih dari itu… sedangkan jika kami ingin beli lebih dari itu kami harus membeli seharga @45.000 – @50.000 /gen pembelian tanpa batas, kami bisa mendapatkan nya di daerah pasar …tolong perhatikan karna msh banyak orang2 susah….

  76. Gerard. B
    22 February 2016

    Saya sudah 3 kali mengisi Premium di SPBU 34-17137 Jl. Pangeran Jayakarta Bekasi Barat dan keliatannya ukurannya tidak tepat. Saya mengisi rp 50.000 biasanya tampilan bar menunjukan 2 baris tapi ini hanya 1 baris (Bar) pada petunjuk yang ada di Dashboard mobil. Saya juga mendapat infomasi dari bberapa orang juga komplain SPBU tsb. Mohon perhatian dari petugas Tera untuk mengecek secara diam-diam pada SPBU tsb agar masyarakat tidak dirugikan..Terima kasih.

  77. R Zaky Alamsyah
    22 February 2016

    Hari minggu sore tanggal 21 Februari 2016 kira-kira pukul 17:50 saya mengisi premiun di SPBU 34.13803 di jalan raya binamarga cipayung, Rp.100.000,-(seratus ribu rupiah) saat mengisi posisi indikator bahan bakar mobil saya satu strip, sesaat setelah petugas mengatakan “pas ya om seratus ribu” dan menutup tutup bensin saya langsung jalan, tapi saya berhenti lagi di depan pom bensin karena indikator bensin mobil saya kok tidak naik, kira2 10 menit saya tunggu belum bergerak juga mobil saya putar masuk lagi dan saya tanyakan ke petugas pom yang tadi mengisi mobil saya..”mas mobil saya tadi di isi nggak si coba liat ni masa indikatornya ga bergerak sama sekali? Petugas itu menjawab “sudah om kan tadi saya nyuruh om liat sudah pas seratus ribu? Mugkin lagi error kali meternya?” Saya coba berbaik sangka “kalau gitu saya minta bonnya” tapi petugas itu bilang “yaa om kalau udah kelewat banyak yg ngisi ga bisa lagi cetak bonnya om” akhirnya sayapun jalan. Wal hasil sampe di daerah pondok gede indikator bensin saya ngedip pertanda bensin sudah hampir habis padahal mobil saya(all new avanza) dengan seratus ribu premium bisa jakarta brebes belum berkedip indikator bensin saya..
    Jadi saya mohon pom bensin tersebut mohon di pantau petugasnya atau sistemnya yg memang tidak beres.
    Terimakasih

  78. andri
    6 December 2015

    Pelayanan pom bensin pertamina didaerah jaha kurang baik,dri mulai pegawai sampai yg spbunya jadi tempat pangkalan mobil truck yg mangkal.tolong diperbaiki kualitas pelayannya.

  79. yoan yuniarto
    16 September 2015

    Mohon dilakukan uji petik terhadap SPBU 34-15311, yang berlokasi dekat Kec.Cisauk Kab.Tangerang-Banten,ada indikasi kecurangan takaran ukur yang tertera di mesin pompa dengan yang masuk ke dalam tangki konsumen tak sesuai alias kurang..mohon segera tindak lanjut,…sudah berlangsung lama….

  80. ana
    19 July 2015

    saya ana, salam pertamina….
    saya merasa dirugikan, waktu ngisi dipom bensin daerah tulung agung, jawa timur dengan nomor 54.662.24,,,
    saya ngisi pertamax mobil avanza habis 300ribu, padahal bensin saya masih ada setengah,mohon diperhatikan….

  81. sukariyani
    14 July 2015

    Saya dan yg lain juga merasa dicurangi ketika mengisi bbm jenis premium di spbu 54.661.27 sebrang puskesmas srengat blitar jatim. Mhn pihak pertamina menyelidiki

  82. Cahyo
    13 July 2015

    Voucher BBK 25rb tidak diterima di SPBU Nglames Madiun.
    Alasannya voucher tersebut tidak berlaku di situ.
    Alasannya mereka karena warnanya biru dan mereka hanya menerima yang warna merah saja (voucher 100rb).
    Hati hati bagi anda pemilik voucher Pertamina.
    Mohon penjelasannya dari Pertamina dan SPBU Nglames

  83. sahroni
    23 March 2015

    Saya ngisi di spbu. 34. 1640. Pas saya ngisi operatornya meninggalkan saya dan tidak melayani saya malah ngobrol sama temannya. Dan saya di biarkan hampir 15 mnit. menunggu. nama operatornya fahrul..

  84. ambo
    5 March 2015

    Salam bapak kepala pertamina
    Nama pangilan saya ambo.harga bensin sekarang seharusnya 6800,tetapi di daerah tangerang pastinya jalan ke mauk harganya 6900
    Kenapa tidak ada teguran dari pertamina.kan itu bisa merugikan konsumen

  85. suprianto
    19 January 2015

    spbu daerah pamotan kab rembang jateng bensin koq dijual 6700 bukannya 6600….

  86. tris
    17 January 2015

    premium sudah turun tapi kenapa SPBU NGINDEN SEMOLOWARU masih menjual dengan harga yang lama kalau naik besok paginya langsung naik tapi kalau turun sampai sekarang kok masih dengan harga Rp 7600,00/liter

  87. dessi
    25 September 2014

    Saya baru ja mengalami kecurangan di spbu sunset road bali ini sudah saya alami 3 kali . Harus nya setiap saya isi 15 rb itu pasti full tank . Tp knyataan nya hasil nya tdk jauh beda dgn saya isi 1 liter di pinggir jalan . Mohon untuk pihak berwenang di tindak lanjuti .. thx

  88. qnoy
    15 December 2013

    Iya nih dh bnyk yg tkranny slah. Msa sy isi bnsin prmium 10rb sy prhatikan metran nminal pas smpai angka sktr 6rb rpiah lngsng lncat k 10rb, gm crtnya untk nmnal 7-9rb bsa klwat??????

  89. abi
    14 December 2013

    Baiknya ada lembaga yang legal untuk melakukan audit pada setiap SPBU pemerintah atau perorangan. Dan seharusnya setiap takaran itu harus pas tanpa mengurangi timbangan, seharusnya lable PASTI PAS bukan selogan belaka, ayo pertamina on the move !!

  90. real az
    14 December 2013

    kenapa gak orang pertamina pusat nya aja sih yang langsung sidak..nyamar gituh jadi pembeli premium..masyarakat perorangan mana ada yang berani lawan spbu nakal..lagi pula kami selaku masyarakat biasanya menggunakan waktu lebih kepada mengutamakan isi perut kami dan anak istri keluarga kami dari pada ikut campur masalah pemerintah..yg paling dirugikan kan petamina dan pemerintah pusat nanggung beban lebih mensubsidi yg terus membengkak seiring melemah nya rupiah..harusnya pertamina pusat dan pemerintah lah yg menindak tegas semua spbu nakal..realita aza deh boss.