Close [X]

Mobil Bensin Premium akan Wajib Dipasangi RFID

Wahyu Lazuwardi | 10-Oct-2013
Mobil Bensin Premium akan Wajib Dipasangi RFID
POPULER
Lorenzo Akui Lawan Marquez Seperti Tonton Moto3Gambar Terkaan 'WR-V', Pesaing Livina X-Gear dari HondaTest Ride Supra GTR 150: Pede di Trek Licin dan BerbatuPerbedaan Honda Supra GTR 150 dengan Sonic 150RTest Ride All New Supra GTR: Bareng Bos Honda Melahap 123 Km

JAKARTA (DP) —¬† Alat pengendali BBM bersubsidi yang disebut RFID (Radio Frequency Identification) mulai tersedia di berbagai SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Pertamina berharap dengan RFID, konsumsi Premium bisa dikendalikan.

Nantinya, setiap mobil yang mengonsumsi Premium harus terpasang RFID. Saat ini alat RFID disediakan secara gratis. Para petugas registrasi akan mencatat STNK dan KTP pemilik kendaraan, setelah itu RFID akan dipasang.

“Jika kampanye sosialisasi ini selesai, untuk mendapatkan RFID harus membeli dengan harga Rp 300 ribuan,” terang Hermawan Aji salah satu teknisi yang bertugas di SPBUPinangranti, Jakarta Timur.

Alat ini akan terpasang pada mulut tangki BBM yang terkoneksi dengan nozzle dispenser Premium. Mobil yang telah terdaftar via RFID bisa mengonsumsi Premium, jika tidak terpasang maka harus menggunakan BBM non-premium.

Dengan alat ini Pemerintah berencana melakukan pembatasan Premium pada kendaraan-kendaraan pribadi. Hanya saja besaran jumlahnya belum ditentukan.

Kabarnya, mulai Desember 2013 semua mobil yang memanfaatkan Premium harus memiliki  RFID. Alat ini rencananya akan dipasang pada 5.029 SPBU dan 92 ribu SPBU milik Pertamina di seluruh Indonesia. Pertamina menenderkan pengadaan alat ini kepada BUMN produsen alat telekomunikasi PT INTI. [dp/Wyu]

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. iman
    29 November 2013

    Di karawang dmn ya?

  2. kiki
    27 November 2013

    info alamat spbu utk pemasangan rfid http://tmi.me/1cmyln

  3. Arwah
    10 October 2013

    kemaren aku lihat alat itu dipameran perindustrian dibandung, tanya2 sama orang PT. INTI kalo pemasangan pertama RFID/alat tersebut gratis mpe kapanpun, kacuali untuk perbaikan alat yang sudah terpasang baru bayar. jd ga masalah pasang kapan ja ga harus pas kampanye, infonya masih tahap pemantauan konsumsi bbm blum sampai tahap pembatasan bbm, beberapa spbu dibandung sudah memasang alat tersebut tp blum berjalan.

  4. marthien
    10 October 2013

    Bro tlng info kalau mau pasang rfid di bogor dmana ? Thx

  5. bowie
    10 October 2013

    Di jakarta daftar nya di mana aja nih ?

  6. 2cylinder
    10 October 2013

    untuk area Makassar dan sekitarnya sdh tersedia belum? ?:-)