Test Drive: Suzuki Karimun Wagon R

Test Drive: Suzuki Karimun Wagon R
/

JAKARTA [DP] — Suzuki Karimun Wagon R menambah deretan mobil murah atau yang dikenal dengan Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2). Sejak diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show 2013, Karimun Wagon R menjadi sorotan masyarakat yang menginginkan sebuah mobil kompak yang nyaman dan lega.

Dapurpacu.com bersama puluhan jurnalis dari seluruh Indonesia, mendapat kesempatan mencoba langsung Suzuki Karimun Wagon R pada akhir Minggu lalu, dengan rute Tangerang-Depok-Jakarta. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyiapkan 20 unit Karimun Wagon R Tipe GX berkelir Hijau dan masing-masing mobil diisi 2 jurnalis.

Berbeda dengan KBH2 yang dimiliki kompetitornya, tampilan luar Karimun Wagon R memiliki bentuk yang persegi dan atap tinggi. Ini yang membuat dapurpacu.com merasa leluasa saat berada di balik kemudinya. Pandangan luas ke depan yang diberikan pun memudahkan Kami untuk melihat arah jalan saat mengendarainya.

Tidak itu saja, Suzuki Karimun Wagon R juga menggoda calon konsumennya dengan kompartemen di dalam kabin yang berlimpah. Apalagi tempat penyimpanan yang berada di bawah kursi penumpang depan yang dapat menyimpan berharga sehingga memberikan rasa lebih aman saat parkir.

Bicara fitur keselamatan mobil seharga Rp 99,9 juta (on the road Jakarta) ini belum dilengkapi dengan airbags. Menurut Suzuki, airbags nantinya akan digunakan dan masuk dalam pengembangan ke depan.

Cuaca pagi yang cerah mengawali perjalanan kami dengan mengambil start dari Kota Satelit Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Konvoi 20 mobil ini menarik perhatian masyarakat yang sedang berolahraga. Rombongan mobil berkelir hijau ini seperti seekor ular yang berjalan dengan lincahnya menembus kepadatan lalu lintas.

Sebelum memasuki JORR (Jakarta Outer Ring Road) rombongan berhenti untuk mengangkut pohon Trembesi. Dimana tiap bagasi Karimun Wagon R memuat 2 bibit pohon dan satu karung pupuk. Saat berada di jalan tol menuju arah Fatmawati konvoi mulai kocar kacir, pasalnya para peserta test drive terlihat mulai gatal untuk segera menggeber tunggangannya.

Tak ketinggalan dengan dapurpacu.com yang langsung menekan pedal akselerator lebih dalam. Perpindahan transmisi manual 5-percepatan sangat ringan dan halus, hingga tidak terasa gigi sudah berada di posisi 5, namun raungan mesin terdengar keras saat berlari di atas 120 Kpj. Dan kami pun harus menurunkan kecepatan untuk menjaga kestabilan mobil mungil ini.

Keluar pintu tol Fatmawati kami langsung dihadapkan dengan kemacetan lalu lintas. Electronic Power Steering (EPS) yang dibenamkan pada kemudi memudahkan kami untuk mencari celah melewati kemacetan tanpa banyak menggunakan rem. Mesin K10B 3-silinder DOHC berkapasitas 1.000 cc yang disematkan terasa responsif dan sangat nyaman untuk bermanuver saat membelah kemacetan. Suzuki mengklaim mesin yang terbuat dari alumunium ini adalah mesin terkuat di kelas mesin 1.0 liter dan irit bahan bakar.

Suzuki juga membekali Karimun Wagon R dengan fitur gear shift indicator, yang memberikan informasi saat yang tepat untuk melakukan perpindahan gigi sehingga lebih irit bahan bakar dalam berkendara.

Teriknya sinar matahari menyambut kedatangan kami di Kampung 99, Meruyung, Depok. Semburan Air Conditioning (AC) dari blower pada tingkat 2 cukup menyejukan ruang kabin. Sementara jalan sempit dan berbatu tidak mampu menggangu kenyamanan kami untuk mencapai kampung yang banyak ditumbuhi pohon rindang. Ini berkat penggunaan suspensi depan MacPherson strut with coil spring dan suspensi belakang 3-Link rigid with coil spring.

Setelah melakukan aksi penanaman pohon Trembesi, kami pun harus melanjutkan perjalanan menuju Kemang Village, Jakarta. Kali ini dapurpacu.com menjadi penumpang di kursi depan. Untuk ukuran tinggi badan 170 cm dan berat badan 76 kg seperti kami, duduk di kursi penumpang depan terasa lega, namun dengan catatan kami harus menggeser kursinya hingga ke belakang.

Jalur Meruyung-Limo-Cinere-Lebak Bulus-Fatmawati-Antasari yang didominasi dengan kemacetan terasa membosankan. Namun hal tersebut bisa terobati oleh suara iringan musik dari sistem audio double DIN, USB, Auxiliary yang terintegrasi dengan dashboard.

Peraturan konvoi hanyalah sekedar peraturan, rekan jurnalis yang mengemudikan Suzuki Karimun Wagon R harus melanggar peraturan itu untuk mengambil jalan tikus yang banyak terdapat dalam rute ini. Tanpa terasa perjalanan menyenangkan bersama Suzuki Karimun Wagon R berakhir di Kemang Village, Jakarta.

Demam mobil murah yang melanda industri otomotif Indonesia saat ini, tentunya akan menguntungkan konsumen. Bukan hanya dari sisi harga dan fitur yang ditawarkan, namun yang lebih penting lagi adalah jaringan bengkel dan ketersediaan onderdil murah akan mempengaruhi konsumen dalam membeli sebuah kendaraan yang lebih dari cukup. [DP/ CUP]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
4 Komentar


CAPTCHA Image
*

Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. Aku udh punya wagon ini, joss enak nyaman cuma sayangnya model blkgnya culun

  2. nunggu yang matic ah…,biar bisa nyetir sendiri,tahun depan kali ya…?

  3. SUZUKI MOBIL MEDAN – SUMUT INFO & PEMESANAN HUB : 085270847017 (PT.MITRA OTO PERKASA).
    Grin Laugh Grin Laugh Grin Laugh Yes

  4. Daihatsu AYLA Jabode

    “Paket Pintar Daihatsu All New AYLA Oktober 2013″:

    Ayla 1.0 D FMC M/t:
    OTR: 76.500.000
    Tdp: 24jtn, Ang: 1,5jtn

    Ayla 1.0 D+ FMC M/t:
    OTR: 85.900.000
    Tdp: 27jtn, Ang: 1,7jtn

    Ayla 1.0 M FMC M/t:
    OTR: 90.950.000
    Tdp: 29jtn, Ang: 1,8jtn

    Ayla 1.0 M FMC A/t:
    OTR: 99.990.000
    Tdp: 31jtn, Ang: 1,9jtn

    Ayla 1.0 X FMC M/t:
    OTR: 97.950.000
    Tdp: 31jtn, Ang: 1,9jtn

    Ayla 1.0 X FMC A/t:
    OTR: 107.000.000
    Tdp: 33jtn, Ang: 2,1jtn

    READY STOCK !!!
    JANGAN LUPA PESAN SEKARANG JUGA YAA !!!
    Bissa Tukar Tambah/Trade in Juga Loh !!!

    Untuk Informasi Dan Pemesanan
    HUB :
    DIDIT
    087889021988
    083876011988
    081290274284
    021-95419498
    PIN BB : 2A166CBD

Helm Jorge Lorenzo Mulai Rp 350 Ribu
Konsumen Puas dengan Toyota Avanza dan Rush
Bridgestone Tyre Safety Terus Edukasi Pengendara
Mini Kenalkan 2 Model Terbarunya
Suzuki Inazuma Warna Baru Harga Baru
Format Kualifikasi Berbeda Digunakan di F1 AS 2014
Benelli BN 600 GT 2015 Cocok Untuk Biker Penjelajah