Test Drive: All New Chevrolet Spark 1.2 LT MT 2010

Test Drive: All New Chevrolet Spark 1.2 LT MT 2010
/

NUSA DUA (dp) – Penantian media nasional pada sosok All New Chevrolet Spark 2010 akhirnya terjawab. Medio Juni lalu PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI) merilis city car ini di Nusa Dua, Bali. Seperti peluncuran produk-produk terbaru Chevrolet, all new Spark juga muncul dengan kejutan.

All new Spark tak cuma lucu. Mobil ini juga memboyong garis perubahan desain Chevrolet. Kami menyebut desain Spark terbaru sebagai sebuah karya sulit. Sama seperti saudara besarnya, sedan Chevy Cruze.

Penuh daya tarik. Ya, apresiasi ini rasanya pantas kami berikan untuk all new Spark. Bahkan tak cuma kami, turis mancanegara yang kebetulan melihat malam prosesi peluncuran all new Spark di taman komplek perhotelan Nusa Dua, Bali pun ikut memujinya.

“Lucu, menyenangkan bisa duduk di dalam mobil ini bersama kalian,” kata wanita berambut pirang yang mengaku datang dari Jerman.

“Saya belum pernah melihat mobil ini di negara saya. Mungkin dia (Spark) sudah ada, tapi saya tidak mengetahui,” lanjutnya saat ditanya apakah ini merupakan pertemuan pertama dirinya dengan Spark terbaru.

Sekilas All New Chevrolet Spark 2010

All new Spark merupakan mobil kecil generasi ketiga dari Daewoo/Chevrolet Matiz yang diproduksi sejak 1998. Ketika itu mobil ini dproduksi utnuk menggantikan Daewoo Tico. Mulai 1998 hingga 2008, Chevy Matiz yang dijual secara global, termasuk Indonesia, kemudian sukses melampaui angka penjualan lebih dari 2,3 juta unit.

Chevy Matiz sendiri awalnya didesain rumah kreatif Italdesign Giugiaro (sekarang perusahaan itu telah dibeli Volkswagen Group). Tak cuma, Daewoo dan Chevrolet, Matiz juga dikonsumesi oleh merek Pontiac.

Matiz atau Spark generasi pertama diberi kode M100 dan M150. Adapun generasi kedua berkode M200 dan M250, sementara M300 menjadi kode untuk all new Spark 2010.

Sebelum menjelma sebagai all new Spark generasi ketiga, Chevrolet lebih dulu mengenalkan produk ini sebagai mobil konsep Beat. Perkenalannya diawali pada perhelatan New York International Auto Show 2007. Bersama Beat, saat itu muncul pula pendampingnya, yaitu Trax dan Groove.

Ketiga serangkai mobil konsep tersebut sebenarnya merupakan bagian dari proyek sosialisasi GM untuk mengetahui selera konsumen dunia terhadap desain terbaru Chevrolet. Alhasil, dari poling pendapat yang dilakukan melalui internet, 19 juta publik di seantero jagad menyukai desain Beat.

Pada Geneva Motor Show 2009 Chevrolet kemudian memboyong all new Spark. Mobil yang ikut membintangi film Transformers 2 ini tak lain merupakan hasil penyempurnaan mobil konsep Beat.

Desain Eksterior

Dalam aspek desain eksterior, All new Spark hadir dengan perubahan ekstrim. Secara keseluruhan tak ada gurat yang dipertahankan dari desain generasi sebelumnya. Singkat kata, all new Spark berubah total dan menjadi lebih agresif.

Menurut Chevrolet, all new Spark mewakili selera konsumen global, terutama kalangan muda dan kaum metropolis yang menjadi target marketnya. Mobil ini juga digadang lebih value for money, serta memberi manfaat yang tinggi ketimbang generasi pendahulunya.

Sebagai gambaran tersebut, GM bahkan berani mengeluarkan angka prestasi all new Spark. Kata Managing Direktor GMAI Mukiat Sutikno, all new Spark telah terjual di Eropa lebih dari 96 ribu unit hanya dalam waktu dua bulan penjualan awal.

Di antara desainnya yang tajam dan kuat, all new Spark juga tampil sebagai mobil yang tampak lucu dan manja. Tidak seperti mobil perkotaan yang umumnya mengedepankan desain membulat, all new Spark justru keluar dari kebiasaan dengan menawarkan sapuan tajam pada guratan-guratan bodinya. Hal ini tentu saja memberi keuntungan bagi para kalangan muda yang ingin tampil lebih percaya diri.

Kekuatan utama desain eksterior all new Spark tertuang melalui fender roda yang menawarkan pahatan garis lengkung tajam, serta sapuan otot pinggul yang tegas. Bersama desain jendela samping yang dibuat mengecil di belakang dan diakhiri dengan door-handle yang diposisikan unik yang membuat all new Spark tampak seperti mini hatch back 2 pintu.

Bagian depan all new Spark juga memberikan ekspresi menyenangkan. Penggunaan lampu depan besar, bumper yang aerodinamis dengan kisi udara, serta grill twin-port yang dipisahkan batang horizontal khas Chevrolet terbaru, menghasilkan raut bagaikan anak nakal yang senang berlari.

Kesempurnaan all new Spark sebagai mobil modern bahkan ikut diperlihatkan pada desain eksterior belakang. Secara keseluruhan, bagian belakang all new Spark tampak sportif dengan munculnya spoiler di atas. Kesan ini dipertegas lagi melalui penggunaan desain lampu belakang berlensa oval ganda yang membuatnya mantap mejadi mini hatchback atletis.

Desain Interior

Mengimbagi aksi eksterior yang agresif, all new Spark menawarkan sebuah suasana menyenangkan yang baru di sektor interior dibanding hatchback seukurannya. Pendeknya, konsumen mini hatchback tentu tak akan pernah menemukan desain interior futuristik seperti yang ditawarkan All New Chevrolet Spark.

Mobil yang dikembangkan untuk memenuhi pribadi modern perkotaan dan keluarga kecil metropolis ini ternyata tidak hanya memberikan kabin yang nyaman dan luas. Penggunaan material berkualitas dengan akurasi tinggi saat eksekusi produksi, ikut menghasilkan nilai yang tinggi baginya.

Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya sekaligus telah menjelaskan bahwa untuk menemukan mobil berkemampuan tinggi tak hanya ada pada mobil berdimensi lebih besar yang lebih mahal.

Keistimewaan all new Spark tersebut masih ditambah dengan arsitektur desain dashboard yang menggoda. Bahkan sejauh ini, hampir tak ada mobil mini seukurannya yang sukses merangkai dashboard besar dual-cockpit seperti yang dimiliki all new Spark.

Tata letak tombol-tombol fungsional pada all new Spark juga sangat cantik dan mengedepakan desain yang impresif serta tidak membosankan. Penerapan digital display modern, dan tachometer digital dalam konsep speedometer yang sangat unik membuat all new Spark akan makin berharga bagi para pemiliknya.

Apalagi, All New Chevrolet Spark juga menawarkan sistem audio berkualitas dengan fitur yang siap memainkan MP3 players.

Kesenangan yang diberikan all new Spark tentu tak berhenti di situ. Seperti keistimewaan yang telah dijanjikan pada konsep Beat, all new Spark siap menemani pengguna ketika ingin membawanya ke manapun. Mobil ini memberikan banyak tempat penyimpan, mulai dari tempat gelas hingga laci-laci dan rak multi-fungsi.

Pengemudi atau penumpang bertubuh tinggi bahkan tak perlu khawatir akan kehilangan kenyamanan. Dengan sumbu roda 2.375 mm dan panjang mencapai 3.640 mm, all new Spark telah menciptakan ruang kaki lapang, baik untuk penumpang depan dan belakang.

Ruang kepala untuk pengemudi dan seluruh penumpang juga cukup tinggi. Keuntungan ini membuat duduk di bangku-bangku sportif bermotif cerah pada All New Chevrolet Spark semakin nyaman.

Bila pengemudi dan penumpang dimanjakan, bagaimana dengan barang? Pekerjaan ini tentu juga mampu diselesaikan all new Spark dengan baik. Meskipun memiliki overhang belakang minim yang berguna untuk memudahan parkir, all new Spark tetap menawarkan volume kabin luas.

Dalam kondisi seluruh bangku terpasang, volume bagasi all new Spark menghasilkan 170 liter. Nilai ini bisa membengkak mencapai 994 liter, apabila bangku belakang yang berkonfigurasi 60/40 dilipat.

Performa dan Pengendalian

All new Spark dipersenjatai mesin S-Tech II DOHC dengan Port Deactivation, 1.2-liter 4-silinder 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 82 hp/6.400 rpm dengan torsi maksimum 108 Nm/4.800 rpm. Sementara transmisinya menggunakan tipe manual 5 percepatan.

Performa mesin all new Spark memang tak lebih agresif dibanding Suzuki Splash yang menjadi penantangnya. Rasio gear transmisi yang dimiliki juga tak lebih halus ketimbang penantangnya itu.

Toh demikian, tak ada kesan yang lebih hebat, baik pada all new Spark maupun Splash. Keduanya memiliki tipikal performa yang sama ketika dikendarai di tengah lalu lintas. All new Spark juga tidak akan memberi kejutan ketika diminta melibas tanjakan ekstrim.

Kondisi ini tak perlu dipermasalahkan mengingat habitat all new Spark sesungguhnya adalah di jalan mulus mendatar di perkotaan. Meski begitu, Anda juga masih layak mengajaknya bermain di jalan berlubang, mengingat khusus pasar Indonesia, GMAI telah memberi sistem suspensi yang lebih rigid.

Terpenting dari itu adalah kemudahan all new Spark ketika dikendalikan. Mobil ini bisa menjadi sahabat pengendara pemula. Posisi duduk yang baik, pandangan ke depan yang luas, serta gerak kemudi yang efektif, menghasilkan pola pengendalian yang mudah. Bahkan parkir menjadi keunggulan mobil ini.

Sayangnya, all new Spark tidak memiliki fitur tilt steering untuk mengantur jarak dan derajat lingkar kemudi. Dengan fakta ini maka pengendara bertubuh gemuk sedikit agak sulit bernafas.

Kenyamanan

Di samping performa dan efisiensi tinggi, unsur kenyamanan all new Spark tampaknya ikut menjadi fokus perhatian para Engineer Chevrolet. Layaknya mobil-mobil berukuran lebih besar darinya, all new Spark diprogram untuk mampu mereduksi suara, getaran, dan kekasaran atau NVH (noise, vibration, harshness).

Ketiga fokus tersebut diterapkan melalui penggunaan isolasi lantai yang lebih baik, membuat sekat panel depan dan lapisan peredam pada bagian dalam bodi.

Selain itu, sistem suspensi McPherson strut dengan tambahan torsion beam pada bagian suspensi belakang, juga mendukung tercapainya kenyamanan dan keseimbangan pengendalian.

Keabsolutan hal tersebut kami buktikan saat melesatkannya di Bali, terutama saat melintas di daerah pegunungan menuju Kintamani. Memang ada sedikit intrupsi suara dari roda depan. Namun kondisi tersebut lumrah untuk mobil seukurannya. Kita tentu tak bisa mengkomparasi kekurangan itu dengan sedan atau mobil yang lebih besar darinya.

Semua keunggulan yang dihadirkan All New Chevrolet Spark tersebut semakin sempurna setelah uji benturan Euro NCAP menetapkannya sebagai salah satu mobil mini dengan sistem keselamatan tinggi. Tak hanya bisa mengurangi risiko cidera bagi pengemudi dan penumpang, All New Chevrolet Spark juga terbukti sangat ramah bagi para pejalan kaki.

Kesimpulan

All new Spark bisa menjadi pilihan utama para pemburu mobil kecil, terlebih mereka yang menetap di rumah susun atau hunian apartment. Lewat dimensinya yang kecil, namun memberi ruang kabin yang lapang, all new Spark akan sangat menguntungkan ketika tak banyak ruang parkir tersedia.

All New Spark memiliki desain agresif yang tentunya cocok untuk mendampingi aksi anak-anak muda yang dinamis. Konsumsi bahan bakar yang rendah memungkinkan all new Spark menjadi sahabat bagi para pelajar, khususnya mahasiswa, atau para ibu rumah tangga. [dp-GAR]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
5 Komentar


CAPTCHA Image
*

Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. thanru

    Question

  2. nurmansolo

    sy beli all new spark, warna putih. mo tanya, knp pas pengiriman mbl teman saya jok msh dibungkus plastik, sedangkan punya saya tidak?? knp kondisi mesin kok sudah kotor seperti mbl test drive/second??? dan juga kualitas kampas depan mudah aus atau emang mbl test drive ya, sehingga baru beli sudah harus diganti dgn banyaknya bubuk kampas yang ke velg, sehingga velg saya hitam kotor. (orang dealer yang bilang saatnya kampas minta ganti, pdhl baru 4000km)

  3. Test Drive & Rev
  4. Ijnabigha

    kenapa gambar di brosur sama kendaraan aslinya ada perbedaan pada bemper depan? di brosur, gril tanpa ada garis, hanya tampilan sarang lebah saja dan ada lis hitam, aslinya ga ada..

  5. wordpress

    REGISTER ATAU DAFTAR SUDAH DAPAT UANG $10,
    PENGEN TAU
    CARANYA :

    1. COPY PASTE LINK INI : http://www.imcrew.com/?r=58914

    2. LALU KLIK REGISTER

    3. MASUKAN NAMA DAN EMAIL ANDA

    4. CEK EMAIL UNTUK KOMFIRMASI

    5.COPY REPERAL ANDA UNTUK AJAK TEMAN ANDA
    GABUNG DAN SETIAP ORANGNYA ANDA DAPAT
    $2/0RANG

    6. MUDAH DAN GERATIS

Yamaha SZ-RR V2.0 BlueCore Bertambah Irit
Daimler akan Caplok 25 Persen Saham MV Agusta
Cafe Racer Jadi Idaman Nicky Hayden
Toyota Team Indonesia Kampiun di Solo
Bisikan Harga Suzuki Address
Nih! Akibat Situ Ngerem Sembarangan
Honda: Yamaha Pesaing Terkuat di MotoGP 2015, Waspadai Ducati