Mobil Murah, APBN Jebol!!!

Mobil Murah, APBN Jebol!!!
/

JAKARTA (DP) – Terserah Anda menilai judul di atas. Tapi 9 September 2013 menjadi era baru bagi industri otomotif nasional dengan dimulainya penjualan mobil-mobil, yang katanya, dengan harga terjangkau (murah) dan ramah lingkungan – Low Cost & Green Car (LCGC).

Bagi para pelaku industri kebijakan Pemerintah yang memberikan tax holiday PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) kepada para pembeli mobil LCGC, tentunya disambut dengan sangat antusias. Dengan begitu produksi mereka meningkat dan penjualan mobil meroket. Dan, mereka berkata ini demi kemajuan industri otomotif – penjualan mobil meningkat, mengundang investasi dan menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Tapi ada beberapa hal yang patut kita cermati. Pertama dari beban negara (baca: rakyat). Kedua, potensi kehilangan triliunan rupiah dari sector pajak. Ketiga, bertambahnya kemacetan dan pemborosan energy.

Kami melihat adanya potensi menjebol APBN dari sektor Subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak). Kami bisa meramalkan jumlah para pemilik mobil LCGC yang membeli BBM bersubsidi akan lebih banyak dibandingkan membeli BBM non-subsidi.

Begini alasannya, hingga hari ini saja kita masih melihat banyak para pemilik mobil di atas 150 juta rupiah ‘nyedot’ BBM bersubsidi. Nah, apalagi nanti para pemilik mobil LCGC.

Sebagai informasi, sepanjang 2012, Pemerintah mengeluarkan dana Rp 133,4 triliun untuk subisidi BBM. Pada tahun ini, di dalam APBN, subsidi BBM dianggarkan 193,8 triliun.

Kita masih punya 4 bulan sebelum tahun berganti. Diperkirakan subsidi BBM akan melewati target subsidi Pemerintah.

Dari sektor pajak, Pemerintah terancam kehilangan triliunan rupiah karena mobil-mobil LCGC tak ber-PPnBM.  Sebagaimana diketahui bahwa nilai PPnBM untuk mobil murah  sebesar 20%.

Itu artinya, Negara akan kehilangan 20% dari hasil PPnBM per satu unit mobil. Padahal untuk satu pabrikan mobil rata-rata bisa menjual 100 ribu unit. Nah, kita tinggal kalikan saja.

Menurut Suhari Sargo, pengamat otomotif nasional, kebijakan LCGC ini tidak tepat karena akan semakin membebani negara dari subsidi BBM dan negara akan kehilangan pajak. Akan lebih bijak seandainya PPnBM tersebut dialokasikan untuk mendanai angkutan umum seperti kereta listrik, bis.

Akibat lainnya, tentu saja menambah kemacetan di jalan raya yang mengakibatkan pemborosan energi. Kami prediksi penyebaran mobil-mobil berdimensi comopact dari proyek LCGC ini tidak merata, lebih banyak di Jabodetabek karena infrastrukturnya lebih bagus daripada di luar kawasan tersebut.

Kami tidak anti-mobil murah & ramah lingkungan. Apalagi jika mobil-mobil tersebut berkualitas. Namun, kami mendorong Pemerintah untuk mencabut kebijakan tax holiday, karena tanpa itu pun penjualan kendaraan bermotor telah mencapai 1 juta unit per tahun. Mobil listrik, hybrid atau gas ada baiknya menjadi pertimbangan.

Dan, bagi para pemilik mobil LCGC, kami minta Anda tidak membeli BBM bersubsidi. Toh, Anda sudah mampu membeli mobil, plus tidak dikenai PPnBM. [dp/ Hml, Ind]

 

 

 

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
21 Komentar


CAPTCHA Image
*

Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. Alfano Tbk.

    Dr rakyat untuk rakyat pak.
    Kami sudah di wakili smua oleh DPR.
    Kami mau mobil mewah sudah di wakili.
    Kami Mau Rmh mewah sudah di wakili.
    Kami Mau pintar sudah di wakili.
    Trima ksh DPR jd ƍäª
    Ga Usah beli mobil murah kami pak,ngeliat anggota pakai mobil mewah pun kami senang bisa pinjamin untuk DPR.
    Merdeka.Merdeka perang dan bunuh penjahat rampok uang rakyat.
    Buat yg bohongin rakyat smoga tua dan mati y susah ƍäª
    Di terima bumi

  2. wis..jangan pada ribut. pokoknya saya tidak setuju !…nanti kalo masih macet, saya juga yg dikejar. Cool

  3. mendingan jebolin bini dimalam pertama lebih yahuuut drpd mikirin bbm urusan si beye gak nikmat…. Laugh Laugh Laugh Laugh

  4. Nextbiker

    Yang paling aneh, mobil murah LCGC tidak boleh minum BBM Subsidi. Lha katanya pak menteri mobil murah buat RAKYAT KECIL, kok gak boleh beli BBM Subsidi. Bingung kan

  5. YANG BARU MAMPU BELI MOBIL MURAH MASAK SURUH BELI BBM NON SUBSIDI..
    YANG MAMPU BELI MOBIL DIATAS 200JT AJA MASIH NENGGAK BBM SUBSIDI
    Yes Yes No No

    MASALAH MACET..? BUAT SAJA TARIF PARKIR MOBIL 50RB PERJAM, ORANG AKAN MIKIR MAU BAWA MOBIL KE KANTOR

  6. YANG BARU MAMPU BELI MOBIL MURAH MASAK SURUH BELI BBM NON SUBSIDI..
    YANG MAMPU BELI MOBIL DIATAS 200JT AJA MASAIH NENGGAK BBM SUBSIDI
    Yes Yes No No

  7. Cabut saja subsidi BBM, biar ada sedikit perilaku berhemat BBM. Sekarang jumlah motor pun sudah sangat banyak, masih ditambah mobil murah.

  8. Kalo bisa yg beli LCGC – jng pake Premium. Udah jelas, pemerintah pusat ngawur, moso pajaknya dihapus – EDAN, MBLEDUS,… Kalau mau gak bayar PPnBM, beli aja mobil second hand… Dan pajaknya dipakai buat kemajuan rakyat bukan dikorupsi.

    Ini udah mau PEMILU – banyak cara aneh yg dipakai utk pemikat sama pemerintah pusat yang sekarang …
    Pumpkin

  9. Intinya gara2 kredit konsumsi yg murah, ringan, mencret. Makanya semua jd ribut mslh BBM

  10. Sepanjang karir, baru sekarang saya merasa punya keinginan kuat untuk beli mobil baru. Karena merasa harganya terjangkau. Pasti jauh lebih banyak yang setuju dengan saya.

  11. Buat penulis dan komentator :
    1. Masalah BBM bersubsidi , itu adalah kewajiban Negara sesuai UUD 45 . kalau saja BBM tidak di korupsi dan di jual ke luar negeri dengan cara ilegal , BBM indonesia melimpah . jadi yang harus di benahi adalah KORUPSINYA , bukan membatasi Subsidi BBM nya .
    2. Masalah Penerimaan Negara atas pajak , sebetulnya tidak hilang , karena PPnBM yang di gartiskan pemerintah akan tergantikan dari sektor PPh 21 para pekerja / karyawan yang bekerja atau terserap pada industri otomotif yang semakin menjamur , karena dampak dari mobil murah ini pabrikan mobil telah membuka line produksi baru yang artinya penyerapan tenaga kerja massal .
    3. Masalah Macet ….? tanya sama Jokowi cara mengatasinya ….. Smile
    Seharusnya anaisisnya jauh kedepan , jangan cuma asal tulis berdasarkan pemikiran dangkal …

  12. KPK harus turun kalau2 ada udang dibalik aturan tsb. Pemilu makin deket gitu lho. Masyarakat bisa ngajukan judicial review ke MK atau class action ke pemerintah. Wanipiro?

  13. Mobil abal2 yg beli juga abal2 lha wong mobil mahal bae dituku kok yo iki tambah mobil murah,, jan jane pemerintah kwi piye tho?? keblinger kayane..

  14. Setahu ane mobil murah ntar gak boleh pake premium, ada di Perpresnya, makanya kompresi mesinnya ditinggikin ama pabrikan, kalo pengguna maksain pake premium jadinya ngelitik n cepet berkerak tu mesin

  15. Aku paling setuju yg dihapus PPnBMnya motor Grin

  16. Beli mobil LCGC isi premium, gaya lu bersubsidi….
    Naikin harga premium KATANYA sih biar ngehemat APBN, tapi kalo yang beli mobil LCGC kebanyakan isi premium, ya sama aja bohong. Lah jumlah konsumsinya malah naik.

  17. Ane setuju kalau di hapus BBM bersubsidi, masa beli motor/mobil isi nya BBM bersubsidi. kebanyakan di manja rakyat jelata kita.

  18. maaf koreksi : “wah.. klo gw sih nggak heran yah..klo kebijakan pemerintah yang sekarang begitu.. emang pemerintahnya udah nggak bener jadi wajar aja klo kebijakannya juga ngga bener”

  19. wah.. klo gw sih nggak heran yah..klo kebijakan pemerintah yang sekarang begitu.. emang pemerintahnya udah nggak bener jadi wajar aja klo kebijakannya bener

    ..justru yang bikin heran klo pemerintahnya ga bener tapi kebijakannya bener : )

  20. Saatnya menghapuskan BBM bersubsidi .. kan UMP sudah pada naik, mari lanjutkan! Heart High Five!

  21. ane juga heran sama kebijakan pemerintah…disatu sisi bilang kuota BBM akan jebol, tapi nyatanya LCGC yang notabene tidak ada keharusan pake BBM non subsidi malah disetujui…aneh bin ajaib…

Yamaha Vixion Penyumbang Ekspor Terbanyak
Star Bolt C-Spec, Rangkul Pecinta Cafe Racer
Yamaha MT-09 dan WR250 Bisa Pesan di IMoS 2014
Yamaha R3 Ternyata Masih Buatan Indonesia
120 Unit Yamaha YZF-R25 Mulai Berangkat ke Jepang
Yamaha YZF-R3 (galeri foto)
Yamaha YZF-R3, Entry Level Sportbike di Amerika