APPKTM Gajah 500D: Sepeda Motor Niaga Pertama Bermesin Diesel

APPKTM Gajah 500D: Sepeda Motor Niaga Pertama Bermesin Diesel
/

JAKARTA (DP) — Untuk pertama kalinya di Indonesia sepeda motor niaga (roda-3) mengaplikasikan mesin diesel.  APPKTM Gajah 500D sebagai pelopornya, yang diproduksi oleh PT Asean Motor International (AMI).

Diperkenalkan dari arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2013. APPKTM Gajah 500D dipersenjatai mesin diesel 460cc Injection tipe WY188FD dengan menggunakan teknologi HEE (High Efficiency Engine).

Teknologi tersebut dapat menjaga mesin tetap dingin dan irit bahan bakar minyak (BBM) sekaligus menghasilkan tenaga 8,2 kw pada 3.600 rpm dan torsi 23 Nm pada 2.600rpm. Menggunakan gardan MVF-F (Mini Vehicle Full – Floating Rear Axle) yang bisa menahan beban angkut barang dalam jumlah besar serta pengereman kendaraan akurat dan aman.

Transmisi Gajah 500D mengaplikasikan  tipe 4-speed dan 1-speed mundur serta menggunakan kopling kering tunggal. Dibalut dengan kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 14,6 liter belum termasuk cadangan 2 liter.

Panjang bak 2 meter dan lebar 1,28 meter sehingga daya angkut barang Gajah 500D dapat menampung beban hingga 800 kg paling besar di kelasnya. Dijual dengan harga Rp 30,5 juta (OTR-Jakarta).

“Sepeda motor niaga ini ditujukan untuk industri perkebunan yang sifatnya heavy duty seperti perkebunan sawit maupun berguna menunjang distribusi angkutan internal dari produksi hingga ke gudang penyimpanan,” jelas Redy Sun, GM Marketing APPKTM. [dp/Wyu]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
0 Komentar


CAPTCHA Image
*