HiDS: Alat Diagnosis untuk Bantu Memperbaiki Mesin Sepeda Motor Injeksi Honda

HiDS: Alat Diagnosis untuk Bantu Memperbaiki Mesin Sepeda Motor Injeksi Honda
/

JAKARTA (DP) — Sepeda motor di Indonesia memasuki era mesin injeksi dan mulai menanggalkan teknologi karburator. Maka bengkel-bengkel umum sepeda motor harus memiliki alat khusus yang disebut diagnostic tools for fuel injection system guna memperbaiki mesin injeksi sepeda motor.

Fungsinya untuk mendiagnosa kerusakan sensor-sensor pada sistem injeksi. Dengan alat semacam ini pekerjaan mekanik jauh lebih mudah, tidak perlu melakukan pengecekan tiap komponen atau mengandalkan diagnostic lamp. Salah satu diagnostic tools yang kini mulai dipasarkan adalah HiDS HD-30 khusus untuk sepeda motor Honda.

HiDS merupakan perangkat diagnostic sepeda motor Honda dari STARNICS. Alat ini digunakan oleh dealer-dealer resmi Honda. Bengkel-bengkel umum pun berkesempatan untuk melengkapi alat kerjanya dengan HiDS.

Peranti ini dapat membantu bengkel-bengkel melakukan analisis dan diagnosis atas alat-alat kontrol elektronik pada sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi injeksi. HiDS mampu berkomunikasi dengan Engine Control Module (ECM) dan menampilkan data-data berupa sinyal dari ECM pada layar peraga.

Data-data yang dapat ditampilkan di antaranya adalah data kesalahan sensor yang terdeteksi ECM, baik data kesalahan yang sudah terjadi dan tersimpan dalam memori ECM, atau data sedang terjadi yang terdeteksi ECM. Data-data tersebut akan ditampilkan pada layar peraga HiDS dengan menggunakan Bahasa Indonesia sehingga mudah dimengerti dan informatif.

HiDS juga memiliki fasilitas untuk melakukan reset atau menghapus data-data kesalahan yang tersimpan di ECM dengan amat mudah. Selain itu, HiDS memiliki kemampuan untuk menampilkan data-data saat sepeda motor dalam kondisi stasioner, fungsinya untuk melihat kinerja semua komponen injeksi dalam kondisi mesin hidup.

Bagi bengkel yang menginginkan alat ini bisa bertandang ke Ultraspeed Racing di Jl. Dr Cipto Mangunkusumo No.42 Ciledug, Tangerang. Atau telepon  021-7313886. Harga yang ditawarkan adalah Rp 3,3 juta. [dp]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

3 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. speednet

    lumayan mahal gan,…

  2. Dear Agan-agan otolover,
    Bagi yang ingin memiliki alat-alat diagnostik motor honda, yamaha, kawasaki ataupun motor-motor besar lain seperti harley, ducati dll Bisa kunjungi website kita di http://www.bengkelscanner.com atau langsung hubungi saya di 0818795409 (idam)

    Salam Rider!

  3. Sulfa

    Sy Pingin punya om,low di papua dh ada yg di jual kh blum tuh HIDSnya