Fungsi Utama Ban Mobil

Fungsi Utama Ban Mobil
/

JAKARTA [DP] — Ban merupakan salah satu faktor terpenting dalam berkendara yang memiliki berbagai macam fungsi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam berkendara.

Secara umum, fungsi utama dari ban untuk semua jenis kendaraan pada dasarnya sama, yaitu;

  1. Menahan Beban, dalam hal menahan beban, yang paling berpengaruh adalah tekanan angin. Karena angin dalam ban berfungsi untuk menopang berat kendaraan dan muatan.
  2. Meredam Guncangan, tekanan angin dan tipe ban (radial/ bias) sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe bias.
  3. Meneruskan tenaga dari mesin, ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan. Hal ini berkaitan dengan kinerja traksi dan pengereman, yang berpengaruh dalam hal ini adalah pattern atau kembangan dari ban.
  4. Meneruskan fungsi kemudi, ban sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.

 

Jika ban telah disesuaikan dengan fungsi utamanya, tentu akan mengurangi gangguan maupun kendala saat  berkendara dan  menjadi langkah tepat dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan, yang merugikan pengemudi sendiri dan orang lain.

GT Radial dalam kampanye Peduli Keselamatan Anda dan Keluarga, menghimbau agar para pengendara mobil menggunakan ban sesuai dengan fungsi utamanya. [DP/ CUP]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
2 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. warso muljo

    Mhn info berapa tekanana yg ideal ban VW Combi, tanpa beban dan dgn beban?

  2. Wandy putra bikers

    :yes: