Sudarmono Berperan Penting dalam Riset dan Pengembangan Jupiter Z1 Racing

Sudarmono Berperan Penting dalam Riset dan Pengembangan Jupiter Z1 Racing
/

JAKARTA [DP] — Sudarmono alias Momon memegang peranan penting dalam research and development Jupiter Z1 Racing  yang yang dilakukan Yamaha Indonesia bersama Yamaha Motor Company Jepang. 

Momon adalah pebalap pertama yang melakukan tes terhadap Jupiter Z1 Racing, tidak tanggung-tanggung, tes tersebut dilakukan di Jepang bersama para insinyur negeri Sakura.

Sepanjang proses research and development Jupiter Z1 Racing mulai dari Jepang sampai Sentul, Momon menjadi pilihan pertama para insinyur negeri sakura ini untuk berdiskusi sebelum mereka menanyai rider-developer lainnya.

Momon sendiri mengatakan bahwa hal itu mungkin dikarenakan ia sudah lebih dulu bertemu mereka saat tes pertama di Jepang.

“Mungkin karena yang pertama kali coba (Jupiter Z1 Racing) aku,” ujar pebalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini merendah. Tanpa bermaksud menafikan peran besar Sigit PD dan Rey Ratukore yang juga terlibat dalam proyek ini, konon masukan Momon yang sistematis dan straight to the point, membuat ia dipercaya.

Momon sendiri sepertinya tidak ambil yang pusing, yang penting buatnya adalah pelajaran berharga yang ia dapatkan dari pengalaman bekerja sama dengan orang-orang Jepang ini.

“Mekanik Jepang itu selalu mendata dan mencatat. Yang berharga terutama pengalaman tentang cara setting yang harus bertahap,” jelas Momon.

Yang jelas, Momon sendiri telah membuktikan, bahwa keterlibatannya dalam research and development Jupiter Z1 Racing membuahkan prestasi yang membanggakan di Indoprix 2013 seri 1. Ia memecahkan rekor catatan waktu tercepat kelas 125 cc sirkuit Karting Sentul dari 57,8 detik menjadi 57,31 detik saat kualifikasi. Dan saat race hari Minggu, Momon meraih hasil terbaik untuk pebalap yang naik motor injeksi.

Meski di luar aktifitas balapnya Momon mengaku tidak “ngapa-ngapain”, namun pebalap satu ini tetap menyempatkan diri untuk melakoni hobinya di offroad dan motorcross. Ternyata tidak jauh-jauh dari profesinya sebagai pebalap, hobi Momon tetap menantang bahaya.

Beruntung buat Momon, alam di Gunung Kidul memang sangat cocok untuk kegiatan semacam ini, jadi nggak perlu jauh-jauh, Bro! “Biasanya di Wonosari aja, tapi pernah juga sampai Pacitan,” ceritanya. Perlu diketahui, Pacitan itu cuma sebelah-sebelahan letaknya sama Gunung Kidul. [DP]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
3 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. basuseto

    Tempik Gundul. tempat piknik gunung kidul. haaa…..

  2. ponijo

    seperti the doctor yg kampung halamanya daerah berbukit2…makanya jago ditikungan

  3. mbah mangun

    gunung kidul handayani…ok mon