Test Drive: Toyota Etios Valco

Indra Prabowo | 26-Mar-2013
Test Drive: Toyota Etios Valco
POPULER
Pebalap Asal Depok ‘Menggila’ di Aragon SpanyolCicilan Rp 1 Juta, Bawa Honda Mobilio dari Tumplek BlekLagi, Honda Sonic Pecundangi Yamaha MX King di MotoprixRio Haryanto akan Manfaatkan Tabrakan Pebalap Lain di MonacoF1 Monaco 2016: Ricciardo Raih Pole Perdana, Rio Kalahkan Wehrlein

SURABAYA (DP) – Saya dan seorang rekan teman semoat berdiskusi mengenai Toyota Etios beberapa bulan sebelum Toyota Etios Valco dipasarkan di Indonesia. Intinya kami menilai desain eksterior dan interior Toyota Etios Valco sederhana.

Bahkan, ketika saya menemuinya langsung di Surabaya beberapa hari lalu, kesan itu masih menguat. Detail dan garis desain eksteriornya tidak rumit, katakanlah seperti mobil-mobil Hyundai saat ini.

Masuk ke dalam kabin Etios Valco pun, saya melihat kesedehanaan lagi. Meter cluster di tengah dengan speedometer dan tachometer analog berlatar warna putih namun ketika malam hari berwarna abu-abu – salah satu yang menarik.

Desain kontrol-kontrol AC terlihat sederhana. Untuk mengoperasikan kontrol-kontrol tersebut Anda tinggal memutarnya.

Penutup-penutup lubang-lubang AC didesain unik – Anda tinggal memutar untuk menutup atau mengarahkan semburan AC. Dan, lucunya dua lubang AC ditempatkan secara vertikal di depan penumpang depan.

Duduk di jok terasa nyaman, pengemudi dapat menemukan posisi mengemudi yang tepat. Sistem Audi-nya menarik dengan double DIN yang bisa memutar CD dan ada koneksi USB. Pengaturan audi dapat dilakukan di lingkar kemudi (tipe G)

Ketika menjadi penumpang belakang, legroom Etios Valco terasa lega. Wheelbase-nya terpanjang di kelasnya. Sayangnya, kedua headrest belakang tidak bisa diatur ketinggiannya sesuai dengan kepala para penumpang.

Ketika mengendarainya di Surabaya dan Bangkalan, dengan rute datar dan berjalan konvoi, mesin 1,2 liter 4-silinder DOHC milik Etios Valco terasa bertenaga dan terdengar halus. Perpindahan gear-nya panjang dan tidak susah.

Pedal kopling dan kemudi digerakkan dengan ringan. Dengan begitu pengemudi dimudahkan dan dinyamankan ketika berkendara di dalam kota.

Sementara sepanjang perjalanan suspensinya bekerja dengan baik dengan menyajikan kelembutan. Noise pun terdengar minim masuk ke dalam kabin pada kecepatan sekitar 100 kpj , untuk mobil sekaliber ini.

Toyota menjejali Etios Valco E dan G dengan dua airbag depan. Rem ABS + EBD hanya tersedia di Tipe G.

Intinya, dengan kesederhanaan yang dimiliki, Etios Valco tetap menawarkan sejumlah keunggulan. Anda bisa memilih Etios Valco J (tanpa electronic power steering) dengan harga Rp 135,5 juta, Tipe E Rp 149,9 juta dan Tipe G Rp 161,6. [dp/Ind]

 

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. reza
    2 September 2013

    160jt lebih mah mending avanza :-/

  2. Harga Toyota
    28 March 2013

    Ada Agya ada Etios, makin lengkap deh line-up Toyota buat ngadepin produsen lain di Indonesia

  3. Nowo prasetyo
    26 March 2013

    Harganya kemahalan,,,

  4. Didiet
    26 March 2013

    Sepintas Etios ini jika di lihat mirip dengan Starlet. Semoga varian matic juga di pasarkan nantinya. Interior minus di speedometer yang pakai tempelan sticker gitu macam bom-bom car saja.