Terios 7-Wonders Melahap Jalur Pagaralam – Tebing Tinggi

Terios 7-Wonders Melahap Jalur Pagaralam – Tebing Tinggi
/ 16 October 2012

PAGARALAM (DP) — Tiga unit Terios — dua unit Hi-Grade tipe TX AT dan satu model TX MT — berhasil melewati tantangan berat,  berupa jalanan berkelok dan tanjakan terjal, 20 menit lepas dari Kota Lahat menuju Pagaralam, Sumatera Selatan.

Tim ekspedisi Terios 7-Wonders meninggalkan Kota Lahat menuju  Pagaralam usai makan siang bersama Bupati Lahat, Saifudin Aswari Riva’i  di Hotel Grand Zuri.

Kondisi jalan menuju Pagaralam cukup beragam bahkan bergelombang. Baru 20 menit lepas dari Kota Lahat, tim ekspedisi sudah berhadapan dengan jalan berkelok-kelok. Terlebih setelah memasuki perbatasan Kota Pagaralam, kelokan jalanannya semakin tajam  disertai dengan tanjakan terjal.

Untuk mengatasi handycap ini, shifter matik Terios pun berpindah-pindah. Ketika berhadapan dengan  tanjakan  terjal — agar akselerasi tetap terjaga — posisi shifter bergeser ke L. Begitu agak landai pindah lagi ke 2 , D-3 dan D. Walaupun penuh dengan penumpang dan barang bawaan, ternyata tiga Daihatsu Terios berhasil mengatasi tantangan jalanan tanpa hambatan sedikit pun.

Udara sejuk menyambut kedatangan Tim Ekspedisi Terios  7-Wonders saat memasuki Kota Pagaralam.  Di kanan kiri jalan, sepanjang mata memandang terlihat perkebunan  teh yang menghijau dan pohon kopi serta persawahan  lumayan luas. Selain surganya kopi dan teh, karena kesuburan tanahnya, Pagaralam terkenal sebagai salah satu lumbung padi di Sumatera Selatan.

Di Pagaralam, tim menginap di  Hotel Gunung Gare,  karena hari masih sore, tim ekspedisi  memutuskan untuk mencari informasi tentang sentra produksi kopi. Menurut data, Pagaralam memang menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Sumatera Selatan.

Keesokan harinya, Tim ekspedisi  Terios 7-Wonders bergerak menuju rute ke Kabupaten Empat Lawang, karena tujuan pertama mengunjungi sentra produksi biji kopi di Pagaralam dibatalkan,  karena menurut keterangan warga, mesin gilingnya sedang rusak. “Wahh! sayang banget,” komen salah satu anggota tim.

Namun di tengah perjalanan menuju Kabupaten Empat Lawang, tim memperoleh informasi bahwa mesin penggiling kopi di Pagaralam sudah beroperasi kembali.  Tim kemudian berbalik arah  bergerak menuju lokasi Pusat Kota Pagaralam untuk menyaksikan operasional pengolahan biji kopi disana.

Ternyata sistem pengolahannya mirip dengan sentra kopi di Liwa dan Lahat. Bedanya hanya pada cara me-roaster biji kopi. Walaupun di Pagaralam – drum untuk me-roaster biji kopi sama dengan yang di Lahat tetapi untuk memutarnya sudah menggunakan mesin. Sementara untuk proses penggilingannya sama yaitu memakai 2 mesin.

Perjalanan tim Terios 7-Wonders kemudian berlanjut ke Kabupaten Empat Lawang (Tebing Tinggi). Daerah hasil pemekaran Kabupaten Lahat ini memiliki ikon Biji Kopi.

“Kopi adalah salah satu komoditas andalan kabupaten Empat Lawang,”  ujar Budi Antoni Aljufri – Bupati Empat Lawang ketika berbincang dengan tim 7Wonders beberapa waktu lalu, sebelum ia berangkat menunaikan ibadah haji 13 oktober 2012.

Perjalanan menuju Kabupaten Empat Lawang atau lebih terkenal dengan Tebing Tinggi itu menghabiskan waktu sekitar 3 jam dengan jarak kurang lebih 121,6km dengan kondisi jalan yang menyempit dan berkelok-kelok, sehingga Terios tidak bisa dikendarai secara maksimal.

Tiba di Puri Emas sekitar pukul 15.30 WIB, tim 7-Wonders diterima dua orang staff bupati Empat Lawang Rudianto – Kepala Dinas Perkebunan dan Joko yang sudah menunggu.

Tak jauh dari rumah dinas bupati, tim diajak bertemu dengan Anang Zairi,  salah seorang pemilik pengolahan kopi. “Kopi di Empat Lawang ini berbeda. Kopi disini campuran Arabica dan Robusta. Wujud aslinya Robusta tapi aromanya Arabica,” jelas Anang.

Anang ternyata juga tak hanya pandai memilih biji kopi yang berkualitas. Tapi ia juga jago membedakan bagaimana memilih madu yang bagus. Madu yang bagus menurutnya adalah yang kadar airnya minim sekali. Selain dirasakan lewat indera pengecap lidah ia punya metode sederhana untuk membuktikan madu yang baik. “Masukkan sedikit madu ke dalam plastik dan masukkan ke dalam kulkas. Kalau membeku berarti kurang baik. Kalau bagus sampai 6 bulan pun madu tak akan membeku,” tegasnya.

Puas ngobrol-ngobrol dengan Anang, tim 7 Wonders segera kembali ke Puri Emass dan beristirahat. Seperti apa perjalanan ekspedisi Terios 7-Wonders selanjutnya, ikuti terus di dapurpacu.com ya? [DP]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
0 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette