Industri Otomotif Indonesia Kuasai Asia Tenggara

Industri Otomotif Indonesia Kuasai Asia Tenggara
/

JAKARTA (DP) – Industri otomotif Indonesia tidak lama lagi akan menjadi Nomor 1 di kawasan Asia Tenggara. Dari sisi investasi, potensi pasar yang besar mendorong sejumlah produsen mobil terus meningkatkan investasi di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas produksi dan menambah line-up produk.

“Jika tidak ada halangan penjualan mobil baru akan menembus 1 juta unit pada 2012,” kata Johnny Darmawan, Ketua Panitia Indonesia International Motor Show 2012. “Pada 2011, pangsa pasar mobil nasional lebih dari 894 ribu unit atau naik hampir 17% dari tahun sebelumnya.”

Penjualan mobil pada 2011 membuat Indonesia menguasai 34,7% pasar ASEAN sekaligus menjadi nomor 1. Penjualan itu unggul 12,6% dari Thailand – selama ini menjadi pemain terbesar.

Namun, kekalahan Thailand disebabkan banjir berkepanjangan yang berdampak buruk terhadap industri otomotifnya. Beberapa pabrik seperti milik Honda dan Nissan sempat diliburkan.

Indonesia merupakan pasar seksi yang diincar banyak pemain dunia. Populasi besar dan daya beli tinggi mendorong pertumbuhan industri otomotif. GDP per kapita Indonesia sendiri di atas US$ 4000 dengan pertumbuhan sekitar 6% per tahun.

Otomotif, bahkan, menjadi penyumbang terbesar terhadap pajak dengan nilai lebih dari Rp 80 triliun pada 2010. Itu belum termasuk sektor perusahaan pembiayaan (leasing companies), komponen, asuransi.

Menurut Johnny, ekspor kendaraan bermotor meningkat. Pada 2011, ekspor kendaraan CBU (Completly Built-Up) hampir 108 ribu unit dan CKD (Completly Knocked Down) sekitar 83 ribu unit. Sementara pada Januari-Juli 2012, ekspor kendaraan CBU menyentuh 100 ribu unit dan CKD 61 ribuan unit.

Di sisi lain, surga di sektor otomotif berdampak kepada penyerapan tenaga kerja secara langsung  dan tidak langsung. [dp/Ind]

 

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
0 Komentar


CAPTCHA Image
*