Close [X]

Mesin Ayla dan Agya Ringan dan Irit BBM

DapurPacu | 19-Sep-2012
Mesin Ayla dan Agya Ringan dan Irit BBM
POPULER
Cicilan Rp 1 Juta, Bawa Honda Mobilio dari Tumplek BlekNissan GT-R NISMO, Menata AerodinamikaRumornya, Honda CBR250RR Dibekali Teknologi Motor BalapFortuner Made In Karawang Laku Keras di FilipinaRenault Clio RS 16 Bertenaga Rekor Terbaik Nurburgring

JAKARTA (DP) — Pihak Daihatsu membeberkan beberapa informasi mengenai Daihatsu Ayla selepas diperkenalkan.Bertempat di fasilitas Daihatsu Training Center di Jakarta, hari ini (19/9), Daihatsu menceritakan kepada sejumlah jurnalis.

Mesin Daihatsu Ayla/Toyota Agya menggunakan alumunium. Mesin ini lebih ringan sekitar 10 kg dari dapur pacu Daihatsu Xenia 1,0 liter, yang terbuat dari iron case. Penggunaan alumunium menghemat ongkos produksi.

Perbedaan yang mencolok adalah exhaust yang dikeluarkan pada ruang bakar disatukan yakni integrated exhaust manifold. Sedangkan Xenia 1000cc menggunakan tiga lubang buang.

Tiga buah piston yang bersarang di dalam mesin Ayla dilapisi teflon, sedangkan Xenia 1000cc tidak. Mesin Ayla bersertifikat Euro-2.

“Desain exterior disesuaikan dengan selera pasar dan kondisi jalan-jalan di indonesia,” tambah Embay Sunaryo, Head Development Project Team Dept. Research & Development Division PT Astra Daihatsu Motor. “Ground clearance mobil dibuat tinggi sehingga bisa menembus jalan-jalan pedesaan sekalipun.”

“Desain eksterior dibuat aerodinamis. Lengkungan terlihat dari atas kap mesin menuju atap kendaraan. Sangat smooth,” jelas Mark Yoshua Widjaja, Senior Styling Designer. “Bagian interiornya didesain luas. Bentuk bawah dashboard dibuat ke atas agar legroom memuaskan.”

“Mesin 1,0 liter 3-silinder Ayla tidak dipakai oleh mobil-mobil Daihatsu lain. Mesin ini hemat bahan bakar meski tidak diimbuhi VVT-i,” kata Embay berpromosi.

Jantung mekanis Ayla menghasilkan tenaga 65 hp pada 6000 rpm dan torsi 85 Nm pada 3600 rpm. Sementara tenaga dan torsi Xenia 1,0 liter masing-masing 63 hp pada 5600 rpm dan 90 Nm pada 3600 rpm. [dp/Ind]

 

 

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. agus tono
    21 September 2012

    Takut ya sama tata nano, jd cepat2 produksi mbl murah, smoga bisa bersaingsecara sehat, memperindag awas jgn sampai di intervensi japan…

  2. diwi
    20 September 2012

    Daihatsu gitu looh. Mutu selalu nomor satu. Yg buat daihatsu besar karena bisa memproduksi mobil dengan mutu nomor satu

  3. astawa
    20 September 2012

    Dgn harga murah semoga mutunya tdk murahan,

  4. lymonsky
    20 September 2012

    Bisa bersaing gak ya dengan Tata Nano..?

  5. amelia
    19 September 2012

    Welcome daihatsu ayla dan toyota agya,jadi pilihan menarik jika harga menarik,sdh saatnya kita masuk ke era kei car low cost and green car.