Knalpot Racing Bikin KTM Duke 200 Lebih Angkuh (Video)

Wisnu Guntoro Adi | 01-Aug-2012
Knalpot Racing Bikin KTM Duke 200 Lebih Angkuh (Video)
POPULER
Cicilan Rp 1 Juta, Bawa Honda Mobilio dari Tumplek BlekNissan GT-R NISMO, Menata AerodinamikaRumornya, Honda CBR250RR Dibekali Teknologi Motor BalapFortuner Made In Karawang Laku Keras di FilipinaRenault Clio RS 16 Bertenaga Rekor Terbaik Nurburgring

JAKARTA (DP) — KTM Duke 200 telah resmi masuk ke pasar tanah Air melalui agen pemegang merek (APM) PT Moto KTM Indonesia. Sepeda motor yang banyak ditunggu pecinta enduro dan supermoto ini nasional ini langsung diimport dari pabrik perakitannya di India.

Publik yang menanti produk ini tercangang tatkala mengetahui harga KTM Duke 200 dipatok Rp 57,5 juta (on the road). Menurut sebagai orang, harga tersebut sangat tinggi mengingat di India, motor berkapasitas mesin 200cc itu hanya dihargai sebanding dengan sekitar Rp 25 juta.

Meski demikian, KTM Indonesia menilai harga Duke 200 sangat kompetitif. Ini bila dibandingkan dengan yang ditawarkan importir umum di mana mencapai lebih dari Rp 60 juta.

Terlepas dari masalah harga, KTM Duke 200 merupakan sepeda motor manarik. Dialah model pertama KTM yang dibuat dengan mesin relatif kecil dan diproduksi secara massal untuk kebutuhan penggunaan harian. Masih ada pula Duke 125 yang hampir mirip dengannya.

Menurut KTM, meski layak digunakan sebagai kendaraan harian, Duke 200 juga siap diajak kompetisi. Komponen dan kelengkapan yang dimiliki Duke 200 termasuk dalam spesifikasi racing yang artinya berbeda dengan kebanyakan sepeda motor produksi massal.

Meski demikian, beberapa pecinta supermoto nasional menilai KTM Duke 200 masih kurang agresif. Hal ini bukan di dasari pada performa, tapi lebih suara yang dihasilkan knalpotnya.

Dengan knalpot standar suara KTM Duke 200 memang belum melukiskan performa besar yang dimiliki. Sangat halus dan kurang emosional.

Karena itu, ketika peresmian KTM Center Indonesia di bilangan Serpong, Tangerang, akhir Juni lalu, perusahaan ini memperlihatkan demonstrasi KTM Duke 200 yang telah dilengkapi racing exhaust lansiran G.P.R Exhaust System.

Secara teknis bentuk klanpot G.P.R berbeda dengan bawaan pabrik. Knalpot dari model Powercon ini berbentuk seperti singkong dengan corong yang nyaris mengarah ke jalan.

Suaranya sangat liar. Cukup memekakkan telinga ketika kita memainkannya pada putaran mesin tinggi. Tidak jelas apakah knalpot ini juga bisa berpengaruh terhadap peningkatan performa. Tapi yang jelas, dengan G.P.R aksi KTM Duke 200 lebig menyakinkan sebagai supermoto yang memiliki performa brilian.

Simak video KTM Duke 200 dengan G.P.R Exhaust System di bawah ini dan dengarkan raungannya. [dp/GRG]

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Ron
    26 November 2012

    Numpang promo, knalpot Remus untuk KTM 200 Duke ready stock di http://www.DuniaMotor.com

    Thanks,
    Bro Ron