Yamaha YMJET-FI: Perawatan Ekonomis & Perbaikan Mudah

Wahyu Lazuwardi | 31-May-2012
Yamaha YMJET-FI: Perawatan Ekonomis & Perbaikan Mudah
POPULER
Cicilan Rp 1 Juta, Bawa Honda Mobilio dari Tumplek BlekNissan GT-R NISMO, Menata AerodinamikaRumornya, Honda CBR250RR Dibekali Teknologi Motor BalapFortuner Made In Karawang Laku Keras di FilipinaRenault Clio RS 16 Bertenaga Rekor Terbaik Nurburgring

JAKARTA (DP) — Yamaha YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection) menjadi ‘nyawa’ baru pada Yamaha Mio J dan Soul GT. Teknologi ini diklaim memiliki keuntungan pada akselerasi serta tenaga mesin yang lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien serta emisi yang lebih ramah lingkungan.

Hanya saja, teknologi mesin injeksi dianggap rumit dalam perawatan serta perbaikannya berbiaya mahal. Pendapat ini adalah salah, untuk membuktikannya Yamaha Indonesia menggelar workshop YMJET-FI untuk para jurnalis di Yamaha DDS Jakarta, kemarin (30/5).

“Program ini sebagai salah satu cara untuk menyosialisasikan keunggulan teknnologi injeksi sekaligus memberikan informasi yang benar tentang mesin injeksi pada pengguna sepeda motor maupun skutik. Teknologi mesin injeksi perawatannya lebih sederhana dibanding mesin konvensional (karburator) serta biayanya terjangkau,” terang M Abidin, General Manager Service Yamaha Indonesia.

“Yamaha Indonesia telah berkomitmen tahun depan 80 persen produk baru mengaplikasikan teknologi mesin injeksi, pada 2014 selurunya. Yamaha telah siap melakukan perbaikan dan perawatan mesin injeksi pada bengkel-bengkel resmi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut tidak hanya dijelaskan secara teori, para jurnalis juga langsung melakukan praktik layaknya mekanik.

Tiga Cara Perawatan
Untuk melakukan perawatan Yamaha memberikan tiga pilihan. Yang pertama bisa dilakukan sendiri, dengan membeli PEA Carbon Cleaner. Caranya dengan memasukkan Carbon Cleaner ke dalam tangki bahan bakar sebelum diisi BBM. Disarankan dilakukan setiap 3000 kilometer.

Metode Kedua adalah mengunjungi bengkel resmi Yamaha untuk melakukan pembersihan dengan 3M Throttle Body Cleaner dan Fuel Injection Cleaner. Hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit saat perawatan.

Cara ketiga dengan peranti khusus yang disebut Yamaha Injection Cleaner yang hanya tersedia di bengkel resmi Yamaha. Peranti ini akan melakukan pembersihan pada injector sekaligus untuk mengetahui akurasi semprot pada ruang bakar. Perawatan pertama dan kedua sebaiknya dilakukan setiap 10 ribu kilometer.

Dilengkapi ECU 2GB
Electronic Control Unit atau dikenal dengan sebutan ECU telah terpasang di sepeda motorber teknologi injeksi. ECU berkapasitas 2GB terpasang di Yamaha Mio J dan Soul GT.

Dengan peranti ini akan merekam dan mencetak data kerusakan (malfunction). Untuk membaca ECU diperlukan diagnostic tool yang terdiri dari laptop, interface serta kabel data. Setelah laptop dan ECU terhubung dapat diketahui kondisi mesin masih baik atau terjadi kerusakan pada salah satu fungsi atau komponen. Data-data ini akan tercatat pada ECU, termasuk pula jenis sepeda motor dan nomor rangkanya.

Bisa disimpulkan jika melakukan perbaikan dan perawatan sepeda motor atau skutik berteknologi injeksi lebih sederhana dan mudah, tidak serumit yang dibayangkan. [dp/Wyu]

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. hedry ler
    23 October 2015

    hay gan mau numpang tanyak nih..
    gimana cara reset ecu mio j ya….?

  2. juandi
    29 June 2014

    kenapa motor soul gt saya lampu injeksi nya menyala terus