Tong Setan Hiburan Rakyat Indonesia

/ 15 May 2012

JAKARTA [DP] — Tong stand atau yang lebih dikenal dengan Tong Setan merupakan pertunjukan   hiburan rakyat yang bisa memacu adrenalin penonton dan pebalapnya. Atraksi ini mempertontonan kepiawaian dan nyali seorang pengendara sepeda motor di dalam sebuah tong besar, yang disebut Tong Stand.

Di Jakarta aksi roda gila ini sangat jarang ditemui. Berbeda pada era tahun 80-an, kala itu Tong Setan menjadi tontonan yang digemari warga Jakarta dan di setiap akhir pekan Tong Setan selalu digelar.

Mengendarai sepeda motor di dalam tong besar dibutuhkan kepiawaian dan nyali tinggi. Suryana, pengendara Tong Setan saat beraksi di Tumplek Blek 2012, Senayan, Jakarta (12/5), mengatakan, “Dibutuhkan waktu satu tahun untuk menguasai Tong Setan”.

Yamaha RX King tahun 1997 dipercaya pria berusia 25 tahun ini dapat membantunya melumat tong besar berdiameter 10 meter. Aksi mendebarkan yang  dilakukannya sangat menajubkan. Penonton yang datang melihat dibuatnya berdecak kagum.

Saat melihat aksi lepas tangan di kemiringan 80 derajat, penonton seakan merasakan adrenalin yang sama dengan Suryana. Tidak hanya itu, pengendara roda gila ini akan menunjukan aksi gilanya saat akan mengambil selembar uang kertas dari salah satu deretan penonton.

“Ini tontonan seru, legendaris dan memacu adernalin.” ungkap Iwan, warga bintaro yang menonton bersama seorang putranya.

Namun jika diperhatikan atraksi ini kurang memperhatikan keselamatan jiwa sipengendaranya. Tanpa menggunakan helm maupun pelengkapan lainnya Suryana nekat melajukan kuda besinya pada kecepatan 60 km/ jam.

Suryana juga mengetahui resiko atas pekerjaannya ini. Tetapi ia berdalih, jika memakai helm ia merasa kurang nyaman saat beratraksi  serta  menjadi grogi dan bisa berakibat celaka. “Namanya juga roda gila, jadi harus punya nyali gila.” bangga Suryana yang telah menggeluti pekerjaan ini selama 4 tahun.

Berbeda dengan Anwar, pelatih senior Kelana Jaya pemilik pertunjukan Tong Setan ini mengatakan, pebalap Tong Setan berbeda dengan pebalap motor lain. Dari pelengkapan yang dipakai saja sudah beda. Tiga pebalap Tong setan  yang dimilikinya telah terlatih dengan baik.

“Keberanian, keseimbangan, fisik, feeling dan nyali yang bagus menjadi syarat yang wajib dimiliki pebalap Tong Setan.” tegas Anwar.

Kelana Jaya sendiri telah lama melintang di dunia pertunjukan Tong Setan. Di daerah asalnya Klaten, Jawa Tengah, Kelana Jaya terkenal sebagai hiburan rakyat dengan atraksi gilanya. Aksi gila pebalapnya telah banyak menghibur masyarakat hingga ke kota Palembang.

Kini atraksi Tong Setan sangat langka dipertunjukan di Jakarta. Namun anda tidak perlu khawatir, pasalnya atraksi gila ini masih dapat ditemui di Bekasi, Depok, Sawangan dan Tangerang. (dp/ CUP)

Tong Stand Kelana jaya
Jln, kasaran, klaten, solo
085793303891
 

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

1 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. Qhue dlu jga prnh bljr tonk setan . . . .
    Mmnk udh bsa naik , , ,
    Tpi blm s
    Smpt atraksi qhue dch kluar dari pasar malm