Honda Tunjuk Indonesia Sebagai Basis Produksi

Honda Tunjuk Indonesia Sebagai Basis Produksi
/

JAKARTA (DP) — Indonesia ditunjuk oleh Honda Motor Company (HMC) sebagai basis produksi untuk kawasan Asia-Oceania bersama Thailand dan India. Sebagai tahap awal dilakukan perluasan pabrik di Karawang untuk memenuhi target penjulan domestik 210 ribu unit pada akhir 2015.

Pabrik anyar tersebut akan dibangun mulai Mei 2012 selesai pada kuartal pertama 2014. Akan  mendongkrak kapasitas produksi dari 60 ribu menjadi 180 ribu unit per tahun. HMC harus menggelontorkan investasi sebesar Rp 3,1 triliun.

“Honda Brio menjadi produk pertama yang akan diproduksi. Nantinya akan ada produk-produk baru untuk pasar domestik dan ekspor,” terang Hiroshi Kobayashi, Managing Officer HMC, CEO Regional Operations (Asia & Oceania), President & CEO Asian Honda Motor Co.

“Indonesia akan menjadi basis ekspor utama mobil dan komponen suku cadang. Untuk pasar ekspor 20 persen,” tambahnya saat ditemui di kantor Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, di Jakarta, hari ini (15/3).

Komitmen dari HMC disambut baik oleh MS Hidayat, Menteri Perindustrian RI. “Penambahan investasi melalui perluasan pabrik akan menambah karyawan hingga 5.000 tenaga kerja baru,” urai MS Hidayat.

Untuk mewujudkan target penjualan 210 ribu unit pada 2015,  Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda akan menambah jaringan outlet hingga 62 unit pada 2014 sehingga totalnya menjadi 150 dealer.

Tahun ini HPM berharap bisa meniagakan 70 ribu mobil. Honda Brio yang akan dirilis menjelang Indonesia International Motor Show 2012 diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Pada tahap awal akan diimpor dari Thailand sebanyak 2000 unit. [dp/Wyu]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
3 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. angin segar utk otomotif indonesia

  2. tadakatsu

    berdekatan kan jadi ngumpul jadi banyak jadi basis alias kawasan,kayak kawasan industri nyang ada di karawang..

  3. basis produksi kok ngumpul/berdekatan????